Inilah Tujuh Keistimewaan Buah Kurma

Siapapun yang memakan 7 biji kurma 'ajwah', dia akan terkendali dari kejutan setan dan sihir pada hari itu

Inilah Tujuh Keistimewaan Buah Kurma
KOMPAS.com/Wardah Fajri
Variasi resep kurma 

SERAMBIUMMAH.COM - Kurma (Phonex dactylifera) atau Tamar merupakan tanaman yang berbuah dan bisa dimakan sama ada ketika ia sudah matang atau masih mentah. Ini dikatakan tumbuhan yang memiliki berbagai khasiat dan kegunaan yang mana sebagiannya sudah terbukti secara ilmiah. Bahkan dalam kitab suci AlQuran hanya ada 21 ayat yang menyebut tentang kurma. Baginda Rasulullah SAW juga sendiri telah beberapa kali menyebutkan perihal kurma dan khasiatnya, dan itu sangat identik dengan kisah sirah beliau.

"Kemudian Kami tumbuhkan karenanya kebun kurma dan anggur untuk kamu. Disana kamu peroleh buah-buahan yang banyak dan sebagian kamu makan " (QS. Al-Mukminah ayat 19)

"Siapapun yang memakan 7 biji kurma 'ajwah', dia akan terkendali dari kejutan setan dan sihir pada hari itu". (Hadis Rasulullah SAW)

Sedangkan dari sudut ilmu pengetahuan dikatakan, kandungan protein di dalam kurma adalah sekitar 2,5 persen, serat 8,0 persen sedangkan kandungan gulanya pula adalah sangat tinggi, yakni hingga 63 persen, mayoritas adalah glukosa. Lemak yang terkandung di dalamnya pula adalah sangat sedikit yaitu sekitar 0,4% saja. Kurma juga dikenal dalam dunia kedokteran tradisional karena juga kaya denga zat besi, kalsium, fosfor, sodium, potassium, vitamin A, C dan niasin.

Apakah khasiat utama kurma?

1) Paling cepat diproses dan diserap, sekaligus memberikan energi instan

Mengingat kandungan gula singkatnya (monosaccharide) yang sangat tinggi bahkan lebih tinggi dari pisang, kurma mampu memberikan "energi instan" yang akan diserap oleh tubuh segera. Berbeda dengan kebanyakan buah-buahan lain yang mengandung sukrosa (disaccharide). Disaccharide seperti sukrosa harus dipecahkan dahulu oleh enzim sebelum berubah menjadi monosaccharide lalu diserap tubuh sebagai energi.

"Rasulullah SAW berbuka puasa dengan beberapa biji buah kurma sebelum shalat. Jika tidak ada kurma, maka beliau akan berbuka dengan beberapa biji anggur. Jika tidak ada anggur, maka beliau meminum beberapa teguk air " (Hadis riwayat Ahmad)
Makan kurma saat berbuka puasa sangat bagus karena pada waktu ini, kita perlu energi segera, dan bukannya energi yang "lambat untuk dicerna" seperti yang terkandung dalam kebanyakan makanan berlemak dan gorengan yang lain.

2) Kaya dengan serat dan potassium

Kurma dimakan tanpa harus membuang kulitnya dan pada kulitnya itulah terkandung serat. Kurma adalah diantara buah yang sangat kaya dengan serat, serat larut maupun tak larut. Kita sering menganggap buah-buahan seperti pisang itu mengandung serat yang tinggi, tetapi tahukah Anda, dalam 100g Kurma ada 8g serat sedangkan dalam 100g Pisang hanya ada 2.6g serat saja? Tinggi serat sangat baik untuk sistem pencernaan.
Selain itu kurma kaya dengan Potassium dan beberapa zat mineral yang lain. Kalium adalah elektrolit yang akan menyeimbangkan kembali kadar air dalam tubuh ketika kita kehilangannya, terutama selama berpuasa. Tidak perlu membeli 100 Plus jika khawatir akan kekurangan elektrolit ketika berbuka, cukup dengan beberapa biji kurma dan air hangat. Potassium juga membantu dalam membangun otot termasuk otot jantung dan mampu memelihara sistem saraf.

Halaman
12
Tags
kurma
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved