Gerak Cepat Cairkan PNBP Nikah-Rujuk

Kami sudah berkirim email ke semua Kepala Kanwil sejak tanggal 13 Desember . Kita gunakan juga WA

Gerak Cepat Cairkan PNBP Nikah-Rujuk
serambiummah.com/net
Nikah di KUA. 

SERAMBIUMMAH.COM, JAKARTA - Dirjen Bimas Islam Machasin menjelaskan bahwa pihaknya bergerak cepat untuk memastikan proses pencairan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) Nikah-Rujuk Kantor Urusan Agama (NR KUA) berjalan lancar dan tepat waktu. Maklum Dirjen Perbendaharan meminta agar proses pencairan dilakukan tidak melampaui tanggal 16 Desember 2014.

“Kami sudah berkirim email ke semua Kepala Kanwil sejak tanggal 13 Desember . Kita gunakan juga WA linked Kemenag,” jelas  Machasin memastikan informasi tentang SE Nomor SE-166/PB/2014 tentang Batas Maksimum Pencairan Dana Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran Penerimaan Negara Bukan Pajak Nikah-Rujuk (PNBP-NR) di Lingkungan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Tahun Anggaran 2014 sudah diterima oleh pihak-pihak terkait sehingga proses pencairan bisa dilakukan per hari ini.

“Sosialisasi juga dilakukan dalam Workshop Ulama Anti Kekerasan di Bandung pagi ini yang dihadiri Kepala Kankemenag se Jabar. Serta dengan mengirimkan instruksi ke Kakanwil melalui sms ,” tambahnya.

Sebagaimana diketahui, seiring dengan dikeluarkannya Peraturan Pemerintah No 48 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2004 tentang Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak Yang Berlaku Pada Departemen Agama, maka biaya nikah dikategorikan menjadi dua, yaitu: gratis jika dilakukan di KUA dan dikenai tarif Rp 600ribu jika dilakukan di luar KUA yang dibayarkan melalui bank sebagai PNBP.  

Dana PNBP NR KUA ini nantinya akan didistribusikan kepada pihak-pihak yang berhak sesuai dengan ketentuannya berdasarkan tipologi daerahnya masing-masing. Ketentuan ini sebagaimana diatur dalam PP  No 48 Tahun 2014, PMA  No 24 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Penerimaan Negara Bukan Pajak Atas Biaya Nikah Dan Rujuk Di Luar Kantor Urusan Agama Kecamatan.

Selain itu juga berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 190/PMK.05/2012 tentang Tata Cara Pembayaran dalam rangka Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, Keputusan Menteri Keuangan Nomor 338/KMK.06/2001 tentang Ijin Penggunaan Sebagian Dana Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Bersumber dari Pelayanan Jasa Nikah dan Rujuk dan Pelayanan Jasa dari Peradilan Agama Departemen Agama, serta Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor PER-17/PB/2013 tentang Ketentuan Lebih Lanjut Tata Cara Pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak Atas Beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Sebagai pedoman Kanwil dalam pencairan, Dirjen Perbendaharaan Kemenkeu telah menerbitkan Surat Edaran Nomor SE-166 /PB/2014 Tentang Batas Maksimum Pencairan Dana Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran Penerimaan Negara Bukan Pajak Nikah-Rujuk (PNBP-NR) Di Lingkungan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Tahun Anggaran 2014.(kmng)

Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved