Tahun Pertama Adaptasi Pasangan yang Baru Menikah

Orang umum menganggapnya sebagai masa bulan madu, menandakan romatisme, kesan akan manisnya hari-hari yang akan dilalui

Tahun Pertama Adaptasi Pasangan yang Baru Menikah

SERAMBI UMMAH.COM - Tahun-tahun pertama menikah merupakan tahun-tahun adaptasi. Itu pendapat para pengamat dan komentator soal pernikahan dan keluarga.

Orang umum menganggapnya sebagai masa bulan madu, menandakan romatisme, kesan akan manisnya hari-hari yang akan dilalui. Apalagi bagi pemuda dan pemudi Muslim yang sebelumnya ”berpuasa” menahan diri dari romantisme dan pacaran yang tidak halal, tidak heran jika bayangan bulan madu sedemikian menjanjikan bagi mereka.

Apakah selalu manis? Apakah selalu indah dan romantis?

Wahai para calon pengantin, jika itu yang kalian bayangkan dan tidak mengantisipasi kenyataan, maka kalian akan terkejut. Bulan madu pasti indah, namun jangan pernah lupa bahwa ini dunia fana.

Pernikahan, layaknya dua manusia bersatu dalam sebuah lembaga, akan mengalami pasang dan surutnya. Itu pasti.

Sebagaimana yang bisa kita lihat dari arti doa yang disunnahkan kia ucapkan untuk pengantin:

Semoga Allah berkahi kalian berdua dalam masa bahagia dan smoga Allah berkahi kalian berdua dalam masa sulit dan semoga Allah selalu himpun kalian berdua dalam kebaikan (di dunia & di Akhirat).

Dari doa yang diajarkan oleh Nabi kita SAW ini jelaslah bahwa pasangan suami istri akan mengalami masa bahagia dan juga masa sulit. Yang terpenting adalah selalu hadirnya keberkahan daam masa seperti apapun dan juga penting untuk selalu ”berhimpun dalam kebaikan”.

Ketika pesta sudah usai, tenda sudah digulung, kerabat yang datang sudah kembali ke rumah masing-masing, kado sudah dibuka, dan pengantin tinggal hanya bersama keluarga terdekat mereka, maka adaptasi babak pertamapun dimulailah sudah.

Ketika sejumlah momen kegembiraan sudah berganti menjadi momen ”hari-hari biasa”, maka perjalanan tersebut baru saja dimulai bagi pasangan baru tersebut.

Halaman
123
Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved