Home »

Sunah

Jawaban Menyayangi Sesama Makhluk Allah SWT

Pengungkapan rasa kasih sayang dapat berupa bantuan keperluan hidup ; makanan, pakaian, tempat tinggal, pendidikan

Jawaban Menyayangi Sesama Makhluk Allah SWT

SERAMBI UMMAH.COM - SETIAP manusia punya sifat kasih sayang yang ada pada dirinya. Seseorang tidak mungkin tidak memiliki sifat yang satu itu, banyak yang beranggapan bahwa seseorang yang jahat meyakini bahwa mereka tidak memiliki rasa kasih sayang. Sungguh dalam hati kecil mereka pasti ada rasa kasih sayang tersebut.

Pengungkapan rasa kasih sayang dapat berupa bantuan keperluan hidup ; makanan, pakaian, tempat tinggal, pendidikan, kesihatan, dan keperluan asas yang lain, pergaulan (kecuali dalam hal-hal tertentu seperti perkahwinan), harta, tanah dan sebagainya.

Kasih sayang dan cinta (dalam bahasa Arab disebut Mahabbah) di segi bahasa adalah berasal daripada bening dan bersih, atau luapan hati dan gejolaknya, atau tenang dan teguh, atau gundah dan tiada tetap, atau inti sesuatu, atau usungan bejana/ bekas, atau buah hati.

Diantara sifat kasih sayang manusia, merupakan salah satu sifat Allah yang perlu kita pegang. Bagaimana meniru sifat Tuhan ? Allah bersifat dengan sifat rahman yaitu pengasih kepada segala makhluk di dunia ini, maka seseorang manusia (apalagi seorang muslim/ muslimah) itu mestilah mengumpulkan sifat kasih sayang itu ke dalam dirinya sebanyak yang terdaya mengikut perintah Allah dalam menyayangi apa yang disayangi Allah dan membenci apa yang dibenci Allah. Bukankah iman dan amal itu berada dalam kitaran cinta dan benci ?

Begitu juga sifat-sifat Allah yang lain yang boleh diaplikasikan dalam kehidupan manusia. Namun sifat Allah yang tertentu seperti ‘Mematikan’, ‘Maha Suci (Quddus)’, ‘Esa’ dan beberapa sifat lain tidak boleh ditiru oleh manusia lantaran kemutlakan sifat itu hanya untuk Allah.

Dari Abdullah bin Amr diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Orang yang saling menyayangi akan disayang Dzat yang Maha Penyayang. Sayangilah orang yang ada di bumi, maka yang di langit akan menyayangi kalian.

Kasih sayang sesama manusia meliputi segala-galanya dalam urusan hidup selain melibatkan unsur agama dan aqidah yang menjadi rukun agama yang dianuti oleh manusia tersebut.

Justeru itu, kasih sayang ini membuka ruang untuk berintraksi dengan manusia yang tidak seagama secara terbuka dalam semua bidang selain yang melibatkan unsur agama manusia itu. Kemanusiaan ini amat menyeluruh, terutama bagi pihak kerajaan Islam dalam menangani semua pihak yang berada di bawah naungannya sehingga hak beragama penganut agama bukan Islam juga boleh dilayani selagi tidak berunsur menyebar dan menyuburkan agama tersebut.

Dengan demikian, orang yang tidak menyayangi makhluk, tidak akan mendapatkan rahmat dan kasih sayang dari sang pencipta. (ipc)

Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR
Sponsored Content

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help