Iqbal As’ad, Dokter Termuda di Dunia Dari Kamp Pengungsi Palestina

Karena prestasinya tersebut, Menteri Pendidikan Lebanon, Khaled Abany, menganugerahinya gelar siswa termuda yang menyelesaikan SMA

Iqbal As’ad, Dokter Termuda di Dunia Dari Kamp Pengungsi Palestina
Iqbal As’ad

SERAMBI UMMAH.COM – Siapa dokter paling muda di dunia? Guiness World Records punya jawabannya. Guiness mencatat nama jika gelar itu dipegang seorang Muslimah cerdas asal Palestina bernama Iqbal As’ad. Perempuan yangd ibesarkan di kamp pengungsian Palestina di Lebanon ini memang dikaruniai otak yang cemerlang. Iqbal berhasil menjadi dokter di usia 20 tahun, setelah berkuliah di universitas bergengsi di Qatar, Weill Cornell Medical College, dengan beasiswa penuh.

Sejak sekolah dasar, kecerdasan Iqbal memang mempesonakan. Dia mampu menguasai materi pelajaran untuk satu tahun hanya dalam tiga bulan saja, sehingga Iqbal sering lompat kelas dan akhirnya lulus SMA pada usia 12 tahun.

Karena prestasinya tersebut, Menteri Pendidikan Lebanon, Khaled Abany, menganugerahinya gelar siswa termuda yang menyelesaikan SMA. Kemudian Menteri Khaled menghubungi Sheikha Mozah, Ketua Yayasan Qatar untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Pembangunan Masyarakat. Keduanya bekerja sama dan memberi beasiswa penuh untuk Iqbal.

Melihat prestasi perempuan Palestina ini, Cornell University juga menawarkan beasiswa penuh untuknya di cabang kampus mereka di Qatar tanpa harus melewati ujian masuk.

Iqbal kini tengah menempuh pendidikan spesialis kedokteran anak di di Ohio, Amerika Serikat. Rencananya, setelah lulus, ia akan kembali ke Qatar dan Lebanon untuk mengabdi dan membantu warga Palestina di pengungsian. Nah, siapa bilang bangsa Yahudi itu punya otak yang cerdas? Orang Palestina juga bisa menyaingi Yahudi jika mau. (emc)

Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help