Tipe-tipe Orang Tua Mengasuh Anaknya

ada tipe-tipe orang tua yang harus diketahui oleh orang tua sebagai penilaian dan menjadikan orang tua dapat menjadi orang tua yang lebih baik.

Tipe-tipe Orang Tua Mengasuh Anaknya

SERAMBI UMMAH.COM - BAGAIMANAKAH cara mengasuh anak dengan baik? Para pengasuh anak terutama seorang ibu akan mengambil tindakan yang terbaik untuk menjadi orang tua yang terbaik. Mengasuh juga tidak hanya dilakukan oleh seorang ibu saja, seorang ayah pun harus bisa mengasuh anaknya dengan baik. Nah, berikut ada tipe-tipe orang tua yang harus diketahui oleh orang tua sebagai penilaian dan menjadikan orang tua dapat menjadi orang tua yang lebih baik.

Para pengasuh anak dapat dikategorikan sebagai berikut :
1. Mereka yang menganggap bahwa bermain itu membuang-buang waktu dan mencoba anaknya tidak melakukan aktivitas tersebut.
2. Mereka yang memperbolehkan anaknya bermain dan memberikan kebebasan anak dalam memilih mainan dan permainan yang ingin dimainkan
3. Mereka yang menganggap penting permainan, selain memberika kesibukan pada anak. Mereka membelikan anak mainan dengan tujuan agar mereka sibuk dengan mainan itu. Ia akan memainkan, merusak, dan melemparnya saat sudah lelah bermain. Ia juga akan memamerkan mainannya itu pada teman-temannya
4. Mereka yang tidak hanya membelikan anak mainan , tapi juga memperhatikan juga penggunaannya. Bila anak mengalami kesulitan dalam menggunakkanya, mereka akan segera membantunya. Dengan demikian, mereka justru mengekang insting anak untuk memecahkan masalah dan membuatnya terbisa bergantung pada pertolongan orang yang lebih tua dalam segala hal.
5. Mereka yang tak memenuhi persyaratan dalam memberikan pengalaman belajar pada anak melalui permainan

Karena itu, sikap terbaik yang harus dilakukan para pengasuh adalah Pertama-tama, memberikan kebebasan pada anak untuk bermain sesuai watak dan pilihannya. Kedua, mereka harus memberikan mainan yang mendidik pada anak. Mereka juga harus memilih mainan yang dapat menajamkan daya pikir dan kreatifitas anak. Mainan harus membuat anak aktif

Sayangnya, mainan yang ada minim nilai edukasinya. Sebagai contoh, bila orang tua membelikan mainan mobil-mobilan atau kereta api elektronik, anak hanya sibuk melihatnya sepanjang hari. Ia tak mempelajari sesuatu yang bermanfaat baginya pada masa mendatang. Dengan demikian, mainan terbaik adalah yang mengajak anak menyusun atau merakit. Contoh Permainan balok yang dapat dirakit menjadi sebuah bangunan, melukis, puzzle, menjahit, dan lain-lain. (ipc)

Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved