Akibat Sumpah Liaan, Cerai Abadi

Apabila seorang suami menuduh istrinya melakukan zina, tapi tidak dapat membuktikan atau tidak ada saksi, syariat Islam memberlakukan keduanya

Akibat Sumpah Liaan, Cerai Abadi

SERAMBI UMMAH.COM - DALAM rumah tangga selalu saja ada hal-hal yang menjadi permasalahan dalam berumah tangga. Dan kali ini permasalahan itu begitu berat. Dalam syariat Islam dikatakan bahwa ada sumpah “liaan”. Apa artinya?

Apabila seorang suami menuduh istrinya melakukan zina, tapi tidak dapat membuktikan atau tidak ada saksi, syariat Islam memberlakukan keduanya dengan sumpah liaan.

Caranya suami mengucapkan, “Wallahi, demi Allah” dengan mengucapkan juga tuduhannya. Ucapannya itu diulang sampai empat kali. Setelah itu yang kelima dia menyatakan mengutuk dirinya bila ia dusta.

Istri juga mengucapkan hal serupa. Kalau istrinya menolak, berarti betul tuduhannya bahwa ia berbuat zina. Tetapi, jika ia menolak melakukan sumpah itu, jatuhlah cerai abadi dan keduanya tidak dibolehkan rujuk kembali sampai mati.

Sungguh berat sekali risikonya menuduh istri berzina dibanding menuduh suami. Sebab, jika istri berzina, urusannya kepada bayi yang akan dilahirkan dan pencampuran keturunan yang menimbulkan keraguan.

Oleh karena itu, sebagai seorang suami jangan mudah untuk menuduh hal yang tidak seharusnya dituduhkan kepada istri. Karena boleh jadi, ada kesalahpahaman, artinya, apa yang Anda lihat tidak sesuai dengan kenyataannya. Namun, jika apa yang Anda lihat, dan juga orang lain pun melihat hal serupa, maka kalau pun Anda mengajukan tuduhan tentu itu benar adanya. Dan Anda dapat menjatuhkan talak dan ia patut mendapat hukuman dari perbuatannya itu. (ipc)

Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved