Kita Berbuat, Kita Merasakan

Jika ya, maka lakukanlah perbaikan. Mengapa? Karena, rusaknya alam ini hanya dilakukan oleh beberapa orang.

Kita Berbuat, Kita Merasakan

SERAMBI UMMAH.COM - KERUSAKAN kini sudah merajalela. Baik itu berupa banjir, longsor, maupun gempa bumi. Hal ini tentu memberikan luka yang begitu mendalam bagi setiap insan yang mengalaminya. Serta kerugian berupa materi juga dirasakan oleh mereka. Tapi, jika kita teliti lebih lanjut, ternyata itu semua hadir bukan karena cuma-cuma. Melainkan, ada faktor lain yang menjadi penyebab kerusakan itu. Tahukah Anda apa itu?

Kerusakan ini terjadi akibat ulah manusia itu sendiri. Sebagaimana Allah SWT Ta’ala berfirman dalam QS. Ar-Rum ayat 41-42.

“Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). Katakanlah: ‘Adakanlah perjalanan di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang terdahulu kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah)’.”

Apakah Anda termasuk salah satunya? Jika ya, maka lakukanlah perbaikan. Mengapa? Karena, rusaknya alam ini hanya dilakukan oleh beberapa orang. Tapi imbasnya, semua terkena, bahkan orang yang tidak melakukannya sekali pun.

Oleh sebab itu, ada langkah terpuji yang dapat dilakukan oleh setiap mukmin yang beriman. Apa itu? Melakukan penanaman pohon. Sebagaimana diriwayatkan dari Anas bin Malik RA, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah seorang muslim pun yang bercocok tanam atau menanam satu tanaman lalu tanaman itu dimakan oleh burung atau manusia atau hewan melainkan itu menjadi sedekah baginya,” (Shahih Al Bukhari hadis no. 2152).

Nah, ternyata menanam pohon itu lebih baik daripada menebangnya. Memang iya kan? Jika menebang kita mendapat bencana, namun jika menanam kita mendapat pahala dari sedekah yang kita berikan untuk makhluk lain. Walau memang tak sedikit orang yang merasa kesal jika buah hasil dari tanaman yang ditanam itu diambil. Maka, di sinilah kita diuji kembali. Mampukan kita mengikhlaskannya? Jika kita mampu, tentu pahala dari sedekah itu dapat kita rasakan.

Menanam pohon ini sangatlah penting. Mengapa? Karena pohon merupakan sumber oksigen bagi makhluk hidup lainnya. Coba bayangkan jika tidak ada pohon. Mampukan kita mendapatkan asupan udara dalam tubuh? Tentu tidak bukan, karena hanya pohonlah yang mampu menyerap karbon dan mengubahnya menjadi oksigen.

Jadi, tunggu apalagi, yuk kita lestarikan kembali negeri ini. Buat negeri ini menjadi subur dan penuh dengan nuansa hijau dari pepohonan. Jangan biarkan negeri ini menjadi tandus apalagi gersang. Jika negeri ini hijau dan bersih, maka kita sendiri yang akan merasakan kenyamanannya. Kita yang berbuat dan kita sendiri yang merasakannya. (ipc)

Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved