Lewati Dunia, Masuki Kehidupan Hakiki

Pertama, kehidupan material yang ada di dalam tubuh dan menyebabkan gerakan, perasaan, pikiran dan lain-lain yang akan berhenti

Lewati Dunia, Masuki Kehidupan Hakiki

SERAMBI UMMAH.COM - SETIAP manusia akan melewati berbagai fase kehidupannya. Di mulai dari kehidupan di alam rahim, berlanjut ke dunia hingga memasuki kehidupan yang hakiki. Alam rahim dan dunia hanyalah sementara, karena kelak setiap manusia akan merasakan kematian. Setelah kematian itu datang menjemput barulah kita memasuki alam yang hakiki. Apa ya kehidupan hakiki itu?

Kehidupan itu ada dua macam. Pertama, kehidupan material yang ada di dalam tubuh dan menyebabkan gerakan, perasaan, pikiran dan lain-lain yang akan berhenti dengan berakhirnya dunia. Dan bagi perorangan berakhir dengan datangnya ajal. Itulah alam rahim dan dunia.

Kedua, ialah kehidupan lain sesudahnya yang lebih agung dan abadi yaitu kehidupan akhirat yang dinamakan-Nya hayah atau hayawan atau kehidupan yang sebenarnya.

Allah SWT berfirman, “Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main belaka. Dan sesungguhnya kampung akhirat itulah kehidupan yang hakiki kalau mereka mengetahui,” (QS. Al-Ankabut: 64).

Kehidupan dunia berakhir dengan kematian dan meninggalkan kenikmatan atau ditinggalkan oleh kenikmatan. Sedangkan di akhirat orang tidak akan dikejar kematian atau ditinggalkan oleh kenikmatan. Jadi, masih maukah Anda mengejar dunia dan melupakan akhirat yang hakiki? (ipc)

Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved