Serba-serbi Ramadhan di Istanbul

Persiapan menjelang puasa pun tidak ketinggalan, Masjid-masjid di kota besar telah dibersihkan, perusahaan penjual makanan telah diawasi

Serba-serbi Ramadhan di Istanbul

SERAMBI UMMAH.COM - AKTIVITAS masyarakat Istanbul, Turki tidak seperti biasanya. Mereka terlihat sibuk dan tergesa-gesa, maklum saja hari Kamis besok, umat muslim di Turki dan negara-negara muslim di dunia lainnya akan memulai ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan mampu menciptakan suasana yang berbeda di kota metropolitan Turki ini. Dimana, kebiasaan makan, kerja, dan berdoa pun turut berubah menyesuaikan suasana Ramadhan. Demikian dilansir dalam Anadolu Agency pada hari Rabu (17/06/15).

Persiapan menjelang puasa pun tidak ketinggalan, Masjid-masjid di kota besar telah dibersihkan, perusahaan penjual makanan telah diawasi dengan ketat dan program-program Ramadhan pun telah direncanakan.

Semua kota di Turki telah menetapkan tempat terpisah untuk ‘buka puasa’, dimana tenda-tenda makanan telah dibuat untuk melayani ribuan orang muslim yang akan berbuka puasa secara gratis. Hal ini ditujukan untuk sebagian besar orang miskin, tetapi juga bisa diperuntukan bagi mereka yang ingin makan bersama dengan saudara-saudara Muslim mereka disana.

Uskudar di pantai Asia kota, misalnya, akan melayani buka puasa gratis untuk 7.000 orang setiap hari di tenda yang didirikan di tepi pantai, sementara di distrik Zeytinburnu akan menyediakan buka puasa gratis untuk sekitar 50.000 orang selama 30 hari di bulan Ramadhan.

Umat muslim di Istanbul biasanya menikmati waktu berbuka puasa mereka, di beberapa tempat simbolis kota, seperti alun-alun Sultan Ahmet atau Eyup Square, dengan akses transportasi umum dibuka sepanjang malam.

Umat Muslim di Istanbul akan menghabiskan waktunya selama bulan Ramadhan, antara jam 03:01 – 20.50 WIB, dengan waktu setempat 01.01 dan 06.50 GMT, untuk berpantang dari makanan dan minuman selama 30 hari. Selain itu, kaum muslim juga didorong untuk menginstropeksi perilaku mereka dan menahan diri dari kebiasaan buruk.

Menteri Urusan Agama Turki menyampaikan bahwa bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah, sehingga kaum muslim di Turki harus melakukan kebaikan di bulan penuh berkah ini.

“Tema Ramadhan tahun ini ialah selalu melakukan kebaikan selama bulan Ramadhan,” tutur Menteri Agama menginformasikan.

Sahur pertama di Turki akan dimulai dari Ardahan, kota timur laut Turki, dimana akan dimulai dari jam 02.05 am dan berakhir di kota barat daya dari Mugla pada jam 03.33 am. Sementara waktu berbuka puasa pertama, akan berlangsung pada jam 19.40 pm di tenggara kota Hakkari dan berakhir di kota barat laut dari Edirne pada jam 21.01 pm. (ipc)

Tags
turki
Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR
Sponsored Content

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help