Menggapai Ridha Allah melalui Wasilah

Pendekatan yang paling utama dalam agama ini ialah dengan meraih pahala-pahala dari Allah SWT dan sepenuhnya taat kepada-Nya dengan amal shaleh

Menggapai Ridha Allah melalui Wasilah

SERAMBI UMMAH.COM - PERNAHKAH Anda mendengar ungkapan yang satu ini? Ya, inilah kata yang sering dikatakan seseorang untuk menggapai ridha Allah SWT. Lalu, apa makna wasilah itu ya?

Allah SWT berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan carilah jalan yang mendekatkan diri kepada-Nya, dan berjihadlah pada jalan-Nya, supaya kamu mendapat keberuntungan,” (QS. Al-Maidah: 35).

Dalam ayat tersebut mengandung makna sebuah wasilah. Dan wasilah dalam ayat tersebut berarti pendekatan kepada Allah SWT yang harus selalu diupayakan. Pendekatan yang paling utama dalam agama ini ialah dengan meraih pahala-pahala dari Allah SWT dan sepenuhnya taat kepada-Nya dengan amal shaleh dan dengan segala apa yang diridhai-Nya.

Arti lain dari wasilah ialah derajat tinggi di surga. Makna ini hadir dari sabda Rasulullah SAW, “Bila kamu mendengar seruan muazzin tirukanlah ucapannya lalu mohonkan (kepada Allah) begiku derajat yang tinggi (kelak di akhirat).”

Dalam hadis lain, “Barangsiapa memohon ampun (kepada Allah) derajat tinggi bagiku, patut baginya memperoleh syafaatku (kelak di akhirat).”

Pendekatan diri kepada Allah ialah dengan apa yang sudah ditentukan dan disyariatkan-Nya. Sedangkan, pendekatan manusia dengan manusia lainnya lazimnya dengan cara yang disenangi orang yang didekati.

Allah SWT berfirman dalam hadis Qudsi, “Tiada ada pendekatan bagi hamba-Ku kepada-Ku kecuali dengan apa yang Aku wajibkan baginya. Dan selama hamba-Ku mendekatkan dirinya kepada-Ku dengan nawafil (pengamalan sunnah) sehingga Aku menyukainya.”

Jadi, kita bisa melakukan pendekatan kepada Allah itu bukan hanya dengan amalan-amalan wajib saja, seperti halnya melakukan shalat, puasa, zakat, haji, berjihad, amar makruf nahi mungkar, tidak mengganggu dan merugikan orang lain. Bila kita ingin lebih dekat lagi, maka lakukan pula amalan-amalan sunnah, seperti sedekah dan lain-lain.

Jika wasilah, yakni pendekatan kepada Allah dilakukan dengan penuh ketaatan dan kepatuhan kepada perintah dan larangan-Nya dan dengan amal shaleh, maka insya Allah ridha Allah akan mudah kita raih. Wallahu ‘alam. (ipc)

Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved