Bencana yang Ditimbulkan Lidah, Bicara Tanpa Pahala

Waktu atau usia adalah modal untuk melakukan amal shalih. Orang yang mengerti hakikat ini, maka dia tidak akan menggunakannya

Bencana yang Ditimbulkan Lidah, Bicara Tanpa Pahala

SERAMBI UMMAH.COM - Bismillaahhirrahmaanirrahiim. Assalamu’alaikum warahmatullahi wa barakaatuuh

Alhamdulillahirabbil ‘alamin, washalatu wasalmu’ala ashrafil ambya’i walmursalin, wa ‘ala alihi washahbihi aj’ma’in. Ama ba’du.

BAPAK dan ibu jama’ah yang dimuliakan Allah, marilah senantiasa kita panjatkan puji syukur atas segala nikmat yang diberikan Allah kepada kita, terutama nikmat Islam, nikmat sehat dan sempat.

Tak lupa salam dan shalawat semoga tetap terlimpahkan kepada Rasulullah Muhammad Shallahu ‘alaihi wassalam, keluarga, sahabat dan para pengikutnya yang senantiasa istiqamah melaksanakan ajarannya. Aamin yaa robbal ‘alamiin.

Jama’ah yang dirahmati Allah, pada kultum kali ini akan membahas tentang, “Bicara Tanpa Pahala.”

Waktu atau usia adalah modal untuk melakukan amal shalih. Orang yang mengerti hakikat ini, maka dia tidak akan menggunakannya kecuali untuk perkara yang bermanfaat. Dia akan berusaha memanfaatkan segala potensi diri untuk mendapatkan pahala sebanyak mungkin. Di antara yang bisa dimanfaatkan untuk menabung bekal di sisi Allah adalah lidah.

Dengan lidah, seseorang bisa berdzikir dan saling nasehat menasehati sehingga meraih banyak pahala. Namun sebaliknya, lidah juga bisa mengakibatkan dosa dan menyeret seseorang ke neraka, jika tidak dimanfaatkan untuk kebaikan. Kesadaran seseorang terhadap fungsi dan bahaya lisan ini akan mendorong dirinya untuk menjaga lidah, tidak berbicara kecuali yang bermanfaat.

Berikut ini adalah beberapa bencana yang dapat ditimbulkan oleh lidah.

1. Membicarakan sesuatu yang tidak bermanfaat

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya di antara kebaikan Islam seseorang adalah dia meninggalkan perkara yang tidak bermanfaat,” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Mâjah).

Halaman
1234
Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved