Ini Adab 15 Kehormatan Masjid

tentu kita harus menghormati pemilik rumahnya. Begitu pun ketika kita berada di dalam masjid. Lalu, bagaimana cara kita menghormati masjid

Ini Adab 15 Kehormatan Masjid

SERAMBI UMMAH.COM - MASJID merupakan tempat yang dianggap suci oleh umat Islam. Di mana, di sana dijadikan tempat untuk beribadah, dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT. Bahkan, masjid-masjid itu laksana rumah-rumah Allah di bumi. Maka, umat Muslim tentu ingin sekali merasakan kedekatan itu melalui masjid.

Sebagaimana Umar bin Khathtab berkata, “Masjid-masjid adalah laksana rumah-rumah Allah di bumi, dan orang-orang yang mengunjunginya adalah laksana tamu-tamu Allah. Sudah menjadi kewajiban bagi yang dikunjungi untuk memuliakan tamu.”

Sebagai tamu, tentu kita harus menghormati pemilik rumahnya. Begitu pun ketika kita berada di dalam masjid. Lalu, bagaimana cara kita menghormati masjid?

Al Faqih menerangkan bahwa kehormatan masjid itu ada 15, yaitu:

1. Mengucapkan salam sewaktu masuk ke dalam masjid, bila ada orang-orang yang sedang duduk. Bila tidak ada orang yang duduk atau mereka sedang mengerjakan shalat, hendaklah ia mengucap, “As salaamu ‘alainaa min Rabbinaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahishshaalihiin (Semoga kesejahteraan dari Tuhan kami dikaruniakan kepada kami dan hamba-hamba Allah yang shalih).”

2. Mengerjakan shalat dua rakaat sebelum duduk, karena ada hadis nabi yang berbunyi, “Setiap sesuatu itu ada penghormatannya, dan penghormatan terhadap masjid adalah shalat dua rakaat.”

3. Tidak mengadakan transaksi di dalamnya.

4. Tidak menghunus pedang di dalamnya.

5. Tidak mencari barang yang hilang di dalamnya.

6. Tidak mengeraskan suara di dalamnya, kecuali untuk berdzikir kepada Allah SWT.

Halaman
123
Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved