Poligami, Surga yang Kurindukan

Allah Maha Tahu kemampuan dan kebutuhan makhlukNya. Tentu ada banyak hikmah suami berpoligami.

Poligami, Surga yang Kurindukan

SERAMBI UMMAH.COM - SEMASA ta’aruf, saya dan Abu Aisha sudah mendiskusikan tentang topik poligami jauh-jauh hari sebagai sebuah pemahaman bersama. Sebagai dua orang yang tumbuh dalam dua budaya yang jauh berbeda, kami perlu mengomunikasikan hal-hal yang sudah ada dalam syariat yang tidak perlu dibuat runyam: poligami.

Saya dari awal menanam prinsip dalam hati bahwa apa yang sudah diatur dalam hukum syariat tidaklah perlu diperdebatkan apalagi sampai jatuh pada sikap judgemental.

“Maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi; dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja,” (QS. An-Nisa’: 3).

Allah Maha Tahu kemampuan dan kebutuhan makhlukNya. Tentu ada banyak hikmah suami berpoligami.

Allah,Tuhan Yang Maha Adil menurunkan hukum syariat tentang poligami untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam. Tidak ada istilah berat sebelah. Pengetahuan kita akan sejarah peradaban besar yang pernah ada di muka bumi tentang praktik poligami sungguh akan membawa kita pada kekaguman hukum syariat. Akan tetapi memang kebanyakan manusia yang menuhankan logika berusaha mengolok-olok hukum ini.

Wanita-wanita pembangkang yang menamakan diri kaum feminis berusaha melecehkan hukum syariat tentang poligami walau kenyataannya mereka telah gagal dengan kampanye-kampanye kesetaraan.

Apa yang mereka perjuangkan hanya sebuah ilusi. Terlihat indah namun nyata yang ada berupa kebingungan di masa depan.

Alangkah sedih bila wanita-wanita itu (mengaku) muslimah di saat bersamaan menolak bahkan mengolok-olok. Bila kita tak punya kemampuan dan ilmu, maka sikap yang paling bijaksana adalah diam. Tidak pantas kita mengaku Muslim atau Muslimah tapi dengan mudah mengolok-olok hukum Allah dengan akal kita yang kerdil ini.

“Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya,” (QS. Al Isro’ : 36).

*****
Sebagai istri, suami tidak perlu meminta izin untuk beristri lagi namun adabnya istri perlu tahu agar ada rasa saling menghormati.

Halaman
123
Tags
poligami
Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR
Sponsored Content

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help