Kenapa Tak Berkurban?

berhaji lebih mahal dari berkurban. Tergantung dari mana berangkatnya. Kalau dari Indonesia tahun ini sekitar Rp37 juta

Kenapa Tak Berkurban?

SERAMBI UMMAH.COM - 10 ZULHIJJAH 1436 H kian dekat. Kita akan laksanakan hari raya besar, Idul Adha. Ibadah haji dan berkurban sebagai penyempurnanya. Haji rukun Islam kelima. Wajib bagi yang mampu.

Mampu secara materi dan niat yang kuat. Jika belum mampu berhaji, maka berkurbanlah. Menyembelih hewan sebagaimana diajarkan Nabi Ibrahim.

Biaya berhaji lebih mahal dari berkurban. Tergantung dari mana berangkatnya. Kalau dari Indonesia tahun ini sekitar Rp37 juta. Kalau berangkat dari sekitar Arab tentu biaya semakin kecil. Walaupun mahal tapi lama juga antrinya.

Biaya berkurban di Indonesia hanya sekitar Rp 2 juta seekor kambing, Rp 14 juta seekor sapi. Bisa kurang atau lebih tergantung daerah juga.

Bagi yang beternak kambing atau sapi tinggal disembelih dengan niat kurban. Tapi banyak orang tak mengamalkannya. Padahal hanya sekali setahun diperintahkan.

Kenapa tak berkurban? Beli rokok setiap hari Rp 15 ribu terasa sangat ringan. Setahun menghabiskan uang Rp 5.475.000. Tembakau hanya untuk dibakar dan diisap lalu habis. Kita dapat penyakit, begitu pun orang sekitarnya.

Berkurban hanya Rp2 juta setahun malah enggan, padahal bisa selamatkan kita dari api neraka.

Kenapa tak berkurban? Kadang mampu setiap tahun ganti gadget terbaru. Harga gadget dengan fitur lengkap mana ada yang murah. Keluarkan uang Rp 5 juta itu biasa. Yang penting bisa bergaya.

Berkurban hanya Rp 2 juta mikir-mikir, Hari Tasyrik berakhir, kurban tak jadi. Padahal ibadah kurban adalah media komunikasi kita dengan Allah. Kepedulian terhadap sesama manusia.

Kenapa tak berkurban? Beli pulsa untuk paket gadget sebulan mampu Rp 200 ribu. Setahun habis Rp 2,4 juta. Itu minimal. Digunakan pun kadang untuk yang tak bermanfaat. Nabung buat kurban sebulan cuma Rp 170 ribu mana pernah direncanakan.

Halaman
12
Tags
berkurban
Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved