Pondok Pesantren Harus Dikelola dengan Keikhlasan dan Kesederhanaan

keikhlasan dan kesederhaan merupakan kunci kesuksesan dalam mengelola dan mencetak kader-kader Islam yang tangguh.

Pondok Pesantren Harus Dikelola dengan Keikhlasan dan Kesederhanaan

SERAMBI UMMAH.COM - Pengasuh Pondok Pesantren Darul Rahman, KH Syukron Makmun mengatakan dalam mengelola pondok pesantren harus dengan keikhlasan dan kesederhanaan.

“Jiwa keikhlasan harus diutamakan dalam pengelolaan pondok pesantren. Kesederhanaan juga harus menjadi pondasi utama,” kata Kiai Syukron dalam sambutannya pada peletakan batu pertama pembangunan Pondok Pesantren Darul Rahman di Jagakarsa, Jakarta Selatan, Selasa (8/9/2015) siang.

Menurut Kiai Syukron, keikhlasan dan kesederhaan merupakan kunci kesuksesan dalam mengelola dan mencetak kader-kader Islam yang tangguh.

“Harus ikhlas, harus sederhana. Jangan bermewah-mewah. Setiap kamar ber-AC, setiap kamar ada televisinya. Kalau mau tidur enak ya di hotel, bukan di pesantren,” ujar Kiai Syukron.

Kata Kiai Syukron, keikhlasan dan kesederhanaan inilah yang membuat Pondok Pesantren Darul Rahman bertahan dan berkembang saat ini.

“Sudah 41 tahun Darul Rahman berdiri. Sudah ribuan alumni kami luluskan. Saat ini ada ribuan santri di Darul Rahman,” terang Kiai Syukron. (hdc)

Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved