Home »

Dalil

Empat Kunci Dapatkan Kebaikan yang Disegerakan Allah

Dengan demikian ada hal lain yang menjadikan seorang Muslim ditetapkan berada dalam kebaikan.

Empat Kunci Dapatkan Kebaikan yang Disegerakan Allah

SERAMBI UMMAH.COM - DALAM Surah Al-Mukminun ayat 55-56 Allah berfirman:

“Apakah mereka mengira bahwa harta dan anak-anak yang Kami berikan kepda mereka itu (berarti bahwa Kami bersegera memberikan kebaikan-kebaikan kepada mereka? Tidak, sebenarnya mereka tidak sadar.”

Ayat tersebut memberikan kriteria imperatif bahwa kebaikan dari Allah tidak bisa dihubungkan dengan aspek keduniawian yang sering dianggap sebagai barometer kemuliaan manusia pada umumnya, yakni harta dan anak-anak.

Dalam tafsirnya Ibn Katsir menuliskan, “Apakah orang-orang yang tertipu itu mengira bahwa apa yang Kami (Allah) berikan kepada mereka itu; baik berupa harta kekayaan maupun anak, merupakan penghormatan Kami terhadap mereka dan kemuliaan mereka dalam pandangan Kami? Tidak, sama sekali tidak.”

Dengan demikian ada hal lain yang menjadikan seorang Muslim ditetapkan berada dalam kebaikan. Allah pun menjelaskan standard dari orang-orang tersebut dalam lanjutan firman-Nya pada surah yang sama.

Pertama;

“Sesungguhnya orang-orang yang berhati-hati karena takut akan (adzab) Rabb mereka.” (QS: Al-Mukminun [23]: 57).

Ibn Katsir menjelaskan, yang dimaksud adalah debang kebaikan, keimanan, dan amal sholeh mereka, mereka takut kepada Allah dan merasa khawatir akan kebencian-Nya terhadap mereka. Sebagaimana Hasan Al-Bashri berkata, “Sesungguhnya orang Mukmin mengumpulkan kebaikan dan rasa khawatir, sedangkan orang munafik mengumpulkan keburukan dan rasa aman.”

Dengan kata lain, rasanya perlu waspada jika selama ini tanpa sadar jiwa selalu menyandarkan rasa senang sekaligus aman dengan hanya bersandar pada sumber penghasilan, aset yang dimiliki serta peluang dari perniagaan yang dijalankan, tanpa pernah sedikit pun memperhatikan apa yang selama ini dilakukan dalam keseharian, baik kaitannya dengan Allah maupun terhadap sesama.

Kedua:

Halaman
123
Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR
Sponsored Content

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help