Home »

Dalil

Jadikan Rumahmu sebagai Kiblat

Rumahmu sebagai kiblat yang dimaksud di sini adalah menjadikan rumah kita sebagai tempat ibadah.

Jadikan Rumahmu sebagai Kiblat

SERAMBI UMMAH.COM - APA pendapatmu ketika membaca jduul di atas? Mungkin kita menerka-nerka, mana bisa rumah dijadikan sebagai kiblat? Bukankah kiblat umat muslim adalah Ka’bah? Rumahmu sebagai kiblat yang dimaksud di sini adalah menjadikan rumah kita sebagai tempat ibadah.

Allah berfirman : “Dan Kami wahyukan kepada Musa dan saudaranya, ‘Ambillah olehmu berdua beberapa buah rumah di Mesir untuk tempat tinggal bagi kaummu dan jadikanlah olehmu rumah-rumahmu itu sebagai kiblat dan dirikanlah shalat serta sampaikanlah kabar gembira bagi orang-orang yang beriman.’” (QS. Yunus : 87)

Ibnu Abbas berkata, “Maksud disuruh menjadikan rumah-rumah mereka sebagai kiblat yaitu mereka diperintahkan menjadikan rumah-rumah itu sebagai masjid-masjid (tempat ibadah).”

Ibnu Katsir berkata, “Hal ini seakan-akan –wallahu a’lam- ketika siksaan dan tekanan Firaun beserta kaumnya semakin menjadi-jadi atas mereka, maka mereka disuruh untuk memperbanyak shalat sebagaimana Firman Allah,

“Wahai orang-orang yang beriman, jadikanlah sbara dan shalat sebagai penolongmu.” (QS. Al-Baqarah : 153)

Dalam hadits,

“Apabila Rasulullah menghadapi suatu kesulitan, maka beliau akan menyuruh keluarganya mendirikan shalat seraya membaca ayat Al-Quran.”

Allah telah berfirman,

“Dan perintahkanlah keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezeki kepadamu, Kamilah yang memberi rezeki kepadamu. Dan akibat (yang baik) itu adalah bagi orang-orang yang bertakwa.” (Q.s. Thaahaa: 132). (ipc)

Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR
Sponsored Content

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help