Arab Saudi Larang Shisha di Tempat Umum

Ini terlihat sangat ironis, karena banyak orang yang meroko shisha dengan keluarga mereka, hal itu sangat berbahaya bagi kesehatan mereka.

Arab Saudi Larang Shisha di Tempat Umum

SERAMBI UMMAH.COM -  ARAB NEWS melaporkan, Sabtu (03/09/2015) : Wakil Komisi untuk Promosi Kebajikan dan Pencegahan (Haia) telah menindak orang-orang yang merokok shisha di tempat umum, termasuk pantai dan taman.

Di sebuah taman umum daerah Wadi Namir, wilayah Dariyah, di sana terlihat beberapa orang yang merokok shisha. Ini terlihat sangat ironis, karena banyak orang yang meroko shisha dengan keluarga mereka, hal itu sangat berbahaya bagi kesehatan mereka.

Banyak orang mengeluh akan masalah ini kepada Pemerintah, sehingga anggota Haia mengunjungi taman untuk mencegah para perokok. Para perokok harus menandatangani pernyataan tertulis bahwa mereka tidak akan merokok shisha di depan umum, dan pipa yang mereka miliki harus disita.

Shieka M, seorang warga Saudi mengeluh bahwa dia tidak merasa nyaman ketika berada di tempat umum, karena banyak orang yang merokok shisha. Hassan Al-Shamy, seorang ekspatriat, menyambut baik tindakan yang diambil oleh Haia.

Mohamed Said, seorang ekspatriat lain, mengatakan bahwa perokok shisha bisa melukai diri sendiri dan orang lain. Perokok shisha harus menikmati kebiasaan buruk mereka secara pribadi, dan tidak melakukannya di depan anak-anak, karena ditakutkan ketika mereka tumbuh dewasa, mereka akan meniru dan menjadi peroko shisha.

Menurut laporan, mengobati penyakit yang disebabkan oleh tembakau selama 25 tahun terakhir telah menelan biaya Kerajaan sebesar SR10 miliar. Merokok shisha atau hookah selama satu jam sama dengan merokok sebungkus rokok, ini menunjukkan bahwa shisha lebih berbahaya daripada rokok.

Biayanya sebuah shisa hanya SR80,000, jika sudah terkena kanker, akan menelan biaya kira-kira sebesar SR250,000 untuk mengobatinya. (ipc)

Tags
arab saudi
Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR
Sponsored Content

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help