Mulailah dengan Salam, Hamdalah, dan Basmalah Sebelum Berbicara

Diantara etika islam ketika masuk ke sebuah tempat adalah mengucapkan salam dan membaca basmalah, sebagaimana anjuran rasulullah

Mulailah dengan Salam, Hamdalah, dan Basmalah Sebelum Berbicara

SERAMBI UMMAH.COM - ISLAM adalah agama yang sempurna, tidak ada perbuatan yang tidak diatur oleh islam. Bahkan etika seorang muslim terhadap yang lainnya pun harus selalu senantiasa dijaga.

Diantara etika islam ketika masuk ke sebuah tempat adalah mengucapkan salam dan membaca basmalah, sebagaimana anjuran rasulullah untuk menyebarkan salam. Beliau bersabda:

“Kalian tidak akan pernah masuk surga hingga kalian beriman. Dan tidak (sempurna) iman hingga kalian salaing mencintai. Maukah kalian aku tunjukan kepada sesuatu yang bila kalian lakukan akan bisa menjadikan kalian saling mencintai? Sebarkan salam di antara kalian,” (HR. Muslim).

Sesungguhnya langkah sederhana yang bisa membuat Anda masuk surga dimulai dengan menyebarkan salam yang akan mendatangkan kecintaan antara sesama muslim. Bila itu terpenuhi, maka sudah terpenuhi syarat-syarat keimanan dan ia berhak masuk ke surga.

Berusahalah juga untuk memulai pembicaraan dengan membaca basmalah, karena rasulullah bila berbicara, beliau memulai dengan basmalah dan hamdalah mengingatkan Anda untuk bertakwa kepada Allah. Bila pembicaraan Anda lewat telepon, maka hendaklah kalimat assalamaualaikum yang pertama kali didengarkan oleh lawan bicara Anda.

Tinggalkanlah kalimat-kalimat asing yang tidak bermakna. Hendaklah ketika Anda mengucapkan salam tersebut berniat untuk mengamalkan adab islami sehingga Anda dibalas oleh Allah karena Anda telah menyampaikan salam. Wallahu’alam. (ipc)

Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved