SerambiUmmah/
Home »

Ihwal

Empat Cara Berbakti kepada Orangtua yang Sudah Meninggal

mereka memilihkan gizi yang terbaik untuk calon buah hatinya, memberikan pendidikan sepanjang calon buah hati ada di kandungan

Empat Cara Berbakti kepada Orangtua yang Sudah Meninggal

SERAMBI UMMAH.COM - KASIH orangtua tidak akan pernah bisa dikalkulasi dengan materi apapun. Bahkan, pemberian materi terhadap orangtua ditambah dengan ribuan ucap terima kasih sekalipun tidak akan pernah bisa menggantikan kasih sayang yang pernah dicurahkannya kepada kita semua.

Sebelum seorang ibu mengandung, kedua orangtua sudah sangat menunggu-nunggu kabar bahagi akan hadirnya buah hati yang dititipkan Allah Subhanahu Wata’ala di janin seorang ibu.

Saat ibu sudah mengandung, mereka memilihkan gizi yang terbaik untuk calon buah hatinya, memberikan pendidikan sepanjang calon buah hati ada di kandungan, pun seorang ibu berusaha menahan diri dari setiap sakit yang dirasakan selama kehamilan hingga melahirkan. Setelah buah hati keluar, mereka tidak ada capeknya memberikan perhatian pada buah hatinya. Seorang bapak berusaha memberikan nafkah halal, ibu merawat dan berusaha memberikan apa yang dibutuhkan oleh sang anak. Terlalu susah untuk menyebutkan kasih sayang orangtua pada kita secara keseluruhan.

Selama orangtua masih ada, kita bisa sesukanya memberikan sesuatu kepada mereka, memberikan doa kebaikan kepada mereka, dan mencurahkan kasih saying serta perhatian kepada mereka, sebagaimana Allah pun mewajibkan kita berbakti kepada keduanya:

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” (QS: Luqman [31]: 14).

Bagaimana jika kedua orangtua kita sudah tiada? Atau salah satu dari keduanya sudah meninggal?

Bakti seperti apa yang bisa kita berikan kepada mereka? Berikut adalah cara berbakti pada orangtua yang sudah tiada:

1. Berusaha menjadi anak shalih, taat kepada Allah dan RasulNya, karena doa dari anak shalih pada orangtuanya merupakan amalan yang pahalanya tak akan terputus untuk orangtuanya.

Sebagaimana hadist yang disampaikan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassallam:

“Jika anak Adam meninggal, maka amalnya terputus kecuali dari tiga perkara, sedekah jariyah (wakaf), ilmu yang bermanfaat, dan anak shalih yang bedoa kepadanya (ibu bapaknya).” (HR. Muslim).

Halaman
12
Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR
Sponsored Content

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help