SerambiUmmah/

Ciri Muslim itu Gemar Beramal Sholeh

Pemahaman seperti itulah yang tumbuh dan berkembang dalam diri Nabi dan para sahabat, hingga menjadi karakter

Ciri Muslim itu Gemar Beramal Sholeh

SERAMBI UMMAH.COM - SATU ciri Muslim sejati yang Allah ulang-ulang di dalam kitab-Nya adalah mau beramal sholeh. Sebagaimana makna iman yang umum dipahami, yakni membenarkan dengan hati, lisan dan mengaktualisasikannya di dalam perbuatan.

Nabi Muhammad Shallallahu Alayhi Wasallam beserta para sahabatnya sangat gemar melakukan yang namanya amal sholeh. Dan, sebagai pengikutnya sudah semestinya kita juga mengikuti apa yang telah ditauladankan Nabi dan sahabat-sahabatnya.

Namun, sebelum kita membahas amal seperti apa yang terkategori amal sholeh, satu pertanyaan penting yang mesti dijawab adalah, seberapa pentingnya amal sholeh dalam kehidupan seorang Muslim?

Prof. Dr. Ali Muhammad Shalabi dalam bukunya “Shirah Amirul Mukminin Ali bin Abi Tholib” mengutip salah satu khutbah suami dari Siti Fatimah Az-Zahrah itu.

“Sesungguhnya, dunia ini telah memalingkan punggungnya dan memaklumkan perpisahannya, sementara akhirat (kematian) telah muncul ke depan dan memaklumkan kedekatannya. Sekarang adalah hari persiapan, sedang besok adalah hari perlombaan. Tempat yang dituju ialah surga sedang tempat kembali adalah neraka. Tak adakah seorang yang akan bertaubat atas kesalahannya sebelum kematiannya? Atau, tak adakah seseorang yang hendak berbuat kebajikan sebelum hari ujian?

Ingatlah, Anda berada di hari-hari harapan dan di baliknya berdiri kematian. Barangsiapa beramal (sholeh) dalam hari-hari harapannya sebelum datang kematiannya, amalnya akan bermanfaat baginya dan kematiannya tidak akan merugikannya. Tetapi, orang-orang yang tidak beramal (sholeh) dalam masa harapannya sebelum datang ajalnya, amalnya adalah sia-sia dan kematiannya adalah suatu kemudaratan baginya.”

Pemahaman seperti itulah yang tumbuh dan berkembang dalam diri Nabi dan para sahabat, hingga menjadi karakter dan sistem kesadaran yang mengakar, sehingga orientasi hidupnya memang satu, akhirat dan untuk itu amal sholeh tak bisa dipisahkan dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Ruang Lingkup

Dimana amal sholeh dilaksanakan, di sana iman ditegakkan. Oleh karena itu, ruang lingkup amal sholeh sangatlah luas.

Rasulullah Shallallahu Alayhi Wasallam bersabda;

Halaman
123
Tags
dana amal
Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR
Sponsored Content

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help