SerambiUmmah/

Welcome to the Mosque, Robb Leech pun Belajar Wudhu dan Nilai Islam

Dia ingin memahami apa yang biasa dijalani oleh kaum Muslim ketika berada di tempat ibadah tertua dan terbesar di Inggris

Welcome to the Mosque, Robb Leech pun Belajar Wudhu dan Nilai Islam

SERAMBI UMMAH.COM - “SAYA memiliki hubungan yang rumit dengan Islam,” kata sutradara Robb Leech di awal film documenter Welcome to the Mosque (BBC Two). Ini adalah film documenter Robb yang lain setelah My Brother the Islamist (2011) and My Brother the Terrorist (2014).

Setelah bertahun-tahun mencoba untuk memahami akar ekstremisme, Robb mengatakan bahwa tujuannya dalam film ini sangat berbeda. Dia ingin memahami apa yang biasa dijalani oleh kaum Muslim ketika berada di tempat ibadah tertua dan terbesar di Inggris: Masjid East London.

Robb memulai film itu dengan menyajikan potret masjid sebagai kompleks sosial dan renungan: tempat misterius untuk orang luar, namun sebuah detak jantung dari komunitas yang berkembang. Sebuah tempat ibadah, sekolah, bisnis dan pusat sosial, pusat budaya yang yang menawarkan hukum serta pelajaran agama.

Film ini menampilkan berbagai aktivitas yang dilakukan Muslim Inggris, mulai dari berwudhu sebelum shalat Jumat hingga mempersiapkan pernikahan secara Islami.

“Saya terkejut saat mengetahui ada lebih dari 7000 orang yang melaksanakan shalat Jumat setiap pekan, dan terdapat lebih dari dua juta orang yang menggunakan Masjid ini setiap tahunnya,” ujar Robb.

Selama enam bulan, Robb menghabiskan waktu dengan tinggal di dalam masjid untuk merasakan langsung aktivitas di dalamnya.

Robb juga menambahkan fim ini dilihat dari sudut pandang yang netral. “Ini adalah film tentang masjid dan orang-orang yang beribadah di sana,” jelas Robb. (the telegraph/bbc Indonesia)

Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR
Sponsored Content

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help