SerambiUmmah/

9 Ulama Sufi dan Jihad Mereka dalam Perang Salib

Sebagaimana para sufi sejak masa Daulah Zankiyah hingga Mamalik amat sigap dalam merespon pertempuran melawan pasukan Salib

9 Ulama Sufi dan Jihad Mereka dalam Perang Salib

SERAMBI UMMAH.COM - SIAPA saja yang mengkaji mengenai Perang Salib, ia tidak bisa mengesampingkan peran para ulama sufi selama peristiwa tersebut. Hal itu dikarenakan mereka para sufi memiliki peran amat besar dalam gerakan jihad melawan pasukan Salib.

Ditegaskan oleh Syauqi Dhaif,”Sesungguhnya orang-orang zuhud kami, orang-orang sufi kami, mereka berpandangan bahwa termasuk kesempurnaan tashawuf mereka dan zuhud mereka adalah berjihad terhadap musuh dan melakukan ribath di perbatasan hingga jika perang dikumandangan mereka masuk dalam barisan memerangi musuh agama yang hanif ini dan mencari syahid.” (Ahsr Ad Dual wa Al Imarat Mishr wa Syam, hal. 3)

Sebagaimana para sufi sejak masa Daulah Zankiyah hingga Mamalik amat sigap dalam merespon pertempuran melawan pasukan Salib yang memasuki negeri mereka.

Demikian juga ribath, bangunan tempat para sufi tinggal dan melaksanakan ibadah juga berfungsi sebagai tempat mereka berjaga. Sehingga ketika jihad dikumandangkan mereka segera bergabing dengan para mujahidin. (lihat, Al Bidayah wa An Nihayah, 13/58)

Nuruddin Zanki serta Shalahuddin sendiri telah menjalin hubungan baik dengan para tokoh sufi, mereka menjadikan para sufi sebagai pendukung dalam menjalankan tugas jihad melawan pasukan Salib.

Dalam hal ini, beberapa ulama sufi yang memiliki kontribusi dalam jihad melawan pasukan Salib. Diantaramereka adalah:

Hayat bin Qais Al Harrani

Nuruddin Zanki gemar mengunjungi Hayat bin Qais Al Harani. Disamping bertabaruk, ia juga meminta doa kepada ulama sufi ini. Ulama inilah yang memberi dukunag Nuruddin dalam jihad melawan pasukan Salib dan ia selalu berdoa untuknya. (Lihat, Siyar A’lam An Nubala, 15/371)

Abu Al Hasan Al Maqdisi

Abu Hasan Al Maqdisi adalah seorang ahli sejarah dan sesorang sufi yang juga meninggalkan sejumlah karya. (Lihat, Mu’jam Al Muallifin, 3/413)

Halaman
123
Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR
Sponsored Content

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help