SerambiUmmah/

Ada Petugas Siaga Bersih 24 Jam, Jaga Keasrian dan Kebersihan Sabilal Muhtadin

Warga Kota Banjarmasin ini mengaku, punya kesan lain selama melaksanakan salat tarawih pada Ramadan 1437 lalu di Masjid Raya Sabilal Muhtadin

Ada Petugas Siaga Bersih 24 Jam, Jaga Keasrian dan Kebersihan Sabilal Muhtadin
serambiummah/apunk
Lingkungan Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin nan asri dan teduh. 

SERAMBIUMMAH.COM - “Mantap. Masjid Sabilal sekarang ada perubahan. Halaman depan yang dihiasi air mancur, kini tidak kosong lagi. Sudah dikawal aneka bunga termasuk teratai yang ada di kolam,” ujar Nugie, sambil memandangi masjid megah itu dari arah timur.

Warga Kota Banjarmasin ini mengaku, punya kesan lain selama melaksanakan salat tarawih pada Ramadan 1437 lalu di Masjid Raya Sabilal Muhtadin. Dia melihat tatanan taman dan kebersihan masjid lebih terasa nyaman untuk dinikmati.

Kesan nyaman ini kini banyak dituturkan jemaah terhadap masjid yang menjadi kebanggaan warga Banua. Gerakan pengurus baru Badan Pengelola Masjid Raya (BPMR) Sabilal Muhtadin ini sudah mampu memberikan warna ‘pembaharuan’.

“Alhamdulillah kalau sudah ada yang merasakan lebih nyaman. Namun, tentu ini masih memerlukan pembenahan yang lebih menyeluruh, kami terus berupaya ke arah itu,” kata Ketua BPMR Sabilal Muhtadin, H Ahmad Sagir.

Menjadikan Masjid Raya Sabilal Muhtadin makin asri, bersih, tertib dan nyaman, diakuinya, tentu bukan hal yang mudah. Apalagi, masjid dengan lokasi luas ini sudah menjadi ruang terbuka publik sehingga warga yang datang ke kompleks masjid bukan hanya untuk beribadah.

Itu karena, di area kompleks terdapat gedung pertemuan yang selama ini bisa digunakan warga untuk berbagai kegiatan seperti pertemuan dan seminar hingga acara pernikahan. Fungsi inilah menurut lelaki bergelar doktor ini menjadi titik rawan kebersihan.

“Namun, kami kini sudah menempatkan empat orang khusus bertanggung jawab atas kebersihan gedung pertemuan dan lingkungannya. Ibaratnya mereka harus siaga bersih 24 jam,” ujar Sagir yang juga dekan Fakultas Dakwah IAIN Antasari Banjarmasin.

Sebagai upaya untuk mewujudkannya, bahkan pengurus inti badan pengelolanya, dalam waktu segera akan dikenakan tambahan tugas yaitu patroli kebersihan setiap hari secara giliran.

Tujuannya, selain untuk memonitor kebersihan juga memberikan motivasi kepada petugas kebersihan untuk lebih ‘ngeh’ terhadap tugasnya sebagai jajaran paling depan dalam soal menyuguhkan suasana nyaman lingkungan masjid.

“Bagi saya untuk menuju sebagai masjid yang asri, bersih, teduh dan nyaman ini bukan soal sederhana. Kami dengan petugas kebersihan dalam masjid dan halaman sebanyak 20 orang terus terang masih sangat membutuhkan dukungan, saran, dan bantuan pihak lain,” ujarnya.

Sekarang saja, dengan perubahan yang ada sudah banyak peran aktif masyarakat khususnya ketika mempercantik halaman bagian timur masjid yang terdapat air mancur plus aneka bunga.

Dia berterima kasih kepada Forum Komunitas Hijau yang sudah membantu memulihkan fungsi kolam air mancur itu. Diharapkan, sumbangsihnya masih bisa diberikan di sudut taman lainnya khususnya dalam hal menciptakan kebersihan.

Kepada petugas dan pengurus dan pengelola masjid, Sagir juga memuji mulai adanya semangat baru untuk bersama menciptakan Masjid Raya Sabilal menjadi kebanggaan warga Banua.

“Saya juga berterima kasih pada badan pengawas, dalam hal ini Pak Rusdi yang sudah mengkoordinir pembuatan empat taman di sisi luar pagar masjid,” katanya. (uum)

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR
Sponsored Content

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help