SerambiUmmah/

Keluarga Sakinah

Kepala Kemenag Kotabaru: Modal Utama adalah Perilaku

H Salman Basri mengatakan, pentingnya membangun sebuah rumah tangga menurut pemahaman Islam. Menjadi modal utama adalah perilaku atau akhlak.

Kepala Kemenag Kotabaru: Modal Utama adalah Perilaku
banjarmasinpost.co.id/helriansyah
Kepala Kemenag Kotabaru H Salman Basri 

SERAMBIUMMAH.COM -Pasangan H Muchtashor dan Hajjah Asmanah asal Kotabaru, Kalsel, sempat meraih penghargaan sebagai Keluarga Sakinah peringkat pertama dari Kementerian Agama (Kemenag) Kotabaru di usia pernikahan mereka yang sudah mencapai 41 tahun

Kepal Kemenag Kotabaru, H Salman Basri mengatakan, pentingnya membangun sebuah rumah tangga menurut pemahaman Islam. Menjadi modal utama adalah perilaku atau akhlak.

"Kalau kita baik, masyarakat pun akan menjadi baik. Karena rumah tangga adalah pendidikan yang pertama, dan masyarakat merupakan kumpulan dari keluarga-keluarga," kata H Salman Basri.

Tidak kalah penting dalam membangun sebuah rumah tangga, lanjutnya, untuk menuju keharmonisan menjadi pokok utama adalah konsep atau sebuah perencanaan menuju pernikahan.

Baik kesiapan pihak laki-laki atau perempuan. Kesiapan mental, fisik serta ekonomi, termasuk pendidikan.

“Ya, termasuk juga faktor lingkungan. Makanya, ada diatur usia yang dibenarkan menikah atau yang belum diizinkan menikah,” kata Salman Basri.

Terkait dengan kesiapan fisik, mental dan ekonomi, jika sudah dipenuhi hal ini maka bisa dilaksanakan sebuah perkawinan.

Faktor lingkungan juga sangat menentukan untuk menciptakan keharmonisan dalam membangun rumah tangga.

“Faktor lingkungan ini sangat berpengaruh besar, karena bisa dengan cepat memengaruhi perilaku seseorang," ujarnya. (sah)

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR
Sponsored Content

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help