Memakmurkan Masjid dan Dimakmurkan Masjid

Penetapan terpilihnya Pangeran Rusdi menggantikan Ketua Umum Pengurus Wilayah DMI Kalsel periode

Memakmurkan Masjid dan Dimakmurkan Masjid
BANJARMASIN POST GROUP/MUHAMMAD ELHAMI
ANGGOTA Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kalsel mengikuti musyawarah wilayah. 

SERAMBIUMMAH.com - MUSYAWARAH Wilayah ke-6 Pengurus Wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Kalimantan Selatan, memilih secara aklamasi H Pangeran Rusdi Effendi AR sebagai Ketua Umum periode 2014-2019, Sabtu (11/1).

Penetapan terpilihnya Pangeran Rusdi menggantikan Ketua Umum Pengurus Wilayah DMI Kalsel periode 2009-2014, H Chairani Idris, dan Ketua Departemen Pemberdayaan Organisasi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pengurus Pusat DMI, HR Maulany.

Ketua Panitia sekaligus Sekretaris Umum DMI Provinsi Kalsel, Drs Ilham Masykuri Hamdi, mengatakan muswil ini akan membahas program kerja DMI, sekalgus pemilihan ketua DMI periode 2014-2019.

“Yang jelas ke depan program kerja DMI akan makin diarahkan, sesuai dengan tema yakni “Memakmurkan Masjid dan Dimakmurkan Masjid”,” kata Ilham.

Ilham menambahkan, bagaimana pun kegiatan di masjid harus disemarakan, jangan sampai masjid sepi, tetapi lingkungan di sekitar masjid juga harus dimakmurkan.

Di Kalsel, keberadaan masjid selalu bertambah berdasarkan data DMI Provinsi Kalsel. Berdasar data terakhir mereka, saat ini ada 3.600 masjid, sehingga Kalsel dianggap juga sebagai provinsi seribu masjid.

“Masjid yang ideal itu memiliki tempat yang layak untuk ibadah, serta mempunyai fasilitas pendidikan, kesehatan, olahraga, pembinaan dan pengembangan ekonomi umat. Dengan begitu yang penting semangat dasar umat berubah,” ujarnya.

Ketua Departemen Pemberdayaan Organisasi dan Pengembangan SDM, Drs H R Maulany SH, mewakili Ketua Umum DMI Pusat, Jusuf Kalla, mengatakan DMI Kalsel tetap ada dengan adanya muswil.

Lebih lanjut dia mengatakan, memakmurkan masjid Allah adalah sebuah kewajiban, dan merupakan kebangkitan umat dulu yang awalnya bertolak dari masjid.

“Kembalikan fungsi masjid, jangan sampai hanya membangun masjid saja tetapi kita juga harus memikirkan bagaimana kemakmuran orang yang mengisi masjid,” ujar mantan Ketua Umum Masjid Indonesia Jawa Barat itu.

Muswil juga dihadiri pengurus DMI dari 13 kabupaten dan kota di kalsel, Pemimpin Umum BPost Group, HG Pangeran Rusdi Effendi AR, anggota DPD Kalsel, Sofwat Hadi, dan undangan lainnya. (muhammad elhami-yamani ramlan)

Editor: Dheny
Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved