Breaking News:

Senang Menulis Sejak Kecil

Kegemarannya membaca sejak kecil, sekarang justru membuahkan hasil. Karena hobi membaca,

Senang Menulis Sejak Kecil
BANJARMASIN POST GROUP/YAYU FATHILAL
Khairani, M.Pdi

KEGEMARANNYA membaca sejak kecil, sekarang justru membuahkan hasil. Karena hobi membaca, dia jadi senang menulis. Pada Agustus 2013, dia dipilih menjadi anggota Bidang Kaderisasi Forum Lingkar Pena (FLP) pusat.

Namanya adalah Khairani. Pria beranak dua ini, sejak SMA hingga sekarang telah banyak menghasilkan karya tulis. Walau belum pernah dibukukan, karya-karya sering dimuat di Serambi UmmaH.

Dia mengaku lebih senang menulis nonfiksi seperti opini, artikel dan hal-hal yang bertema ilmiah serta jurnalistik.

“Kalau di FLP itu banyak spesialisasinya. Ada yang sukanya menulis novel, cerpen dan artikel. Kalau saya lebih ke artikel,” aku KepalaSMAIT Ukhuwah ini.

Karyanya sudah banyak. Jika dihitung sudah puluhan tulisan. Semua itu belum ada yang diterbitkan atau dibukukan. Berhubung kebanyakan berjenis opini, dia ingin menunggu terkumpul banyak baru dibukukannya.

Soal inspirasi menulis, bisa dari mana saja. “Jalanan macet, atau kondisi lingkungan dan pergaulan sehari-hari bisa menjadi bahan tulisan saya. Sifatnya lebih kepada kritik atau saran,” sebut suami dari Rafi’ah Hidayati ini.

Sesekali dia juga menulis cerita pendek, namun hanya untuk momen-momen tertentu. Misalnya, jika FLP hendak berulang tahun atau milad, para anggotanya diminta menuliskan cerita pendek untuk dibukukan. “Biasanya saya bikin cerpen juga. Biasanya ciri khas FLP adalah cerpen-cerpen Islami,” ujarnya.

Karena kiprahnya di bidang penulisan Islami, dia juga kerap diminta menjadi juri lomba penulisan dan mengisi pelatihan-pelatihan menulis di kampus-kampus dan sekolah-sekolah.

Sejak bergabung di FLP Cabang Banjarmasin pada 2001, kemampuan menulisnya kian terasah. Dia juga pernah dipercaya menjadi Ketua FLP Wilayah Kalsel.

Dia bersyukur, keluarganya tak pernah mempermasalahkan kiprahnya di bidang penulisan ini. “Bahkan anak-anak saya juga senang membaca. Saya membiasakan mereka gemar membaca sejak dini,” ujarnya. (yayu-syamsudin)

Rapat Via Whatsapp dan Skype

SEJAK Agustus 2013, dia dipercaya menjadi anggota FLP Pusat Bidang Kaderisasi. Tugasnya adalah perekrutan, penerimaan anggota dan membuat kurikulum fiksi dan nonfiksi.

Karenanya, dia sekarang harus sering bepergian ke luar daerah seperti ke Jawa. “Anggotanya dari berbagai daerah di Indonesia. Ada yang tinggal di Inggris sehingga kalau rapat kami online via Whatsapp dan Skype. Kalau di Whatsapp bisa kapan pun, kalau di Skype sekali per dua bulan,” katanya.

Dia mengaku senang bisa dipercaya menjadi bagian dari pengurus FLP pusat. “Ceritanya, pada Musyawarah Nasional FLP ketiga di Bali pada Agustus 2013 lalu, saya dipercaya menjadi pemimpin sidang. Terus ditentukan juga pengurusnya yang baru, di antaranya saya dipercaya jadi anggota Bidang Kaderisasi,” katanya yang ketika SD hingga SMP sering mengikuti lomba penulisan. (yayu/syamsudin)

Biodata:
Nama: Khairani, M.Pdi
TTL: Banua Kupang, HST, 18 Juli 1980
Istri: Rafi’ah Hidayati, S.Thi
Anak: Muhammad Rafi’ul Khair dan Nada ‘Aqilah
Pendidikan: S2 Manajemen Pendidikan Islam IAIN Antasari (2010-2013)
Pekerjaan: Kepala SMAIT Ukhuwah
Organisasi: Sekretaris Yayasan Ukhuwah, Dewan Pembina FLP Wilayah Kalsel, Anggota Bidang Kaderisasi FLP Pusat

Tags
Cerpen
Berita Populer
Editor: Dheny
Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved