Breaking News:

Serambi Ummah Edisi 734

Sejumlah daerah di Indonesia mengalami banjir. Tidak terkecuali di Jakarta. Jika di ibu kota negara mendapat banyak perhatian

Editor: Sudi
Serambi Ummah Edisi 734
Serambi Ummah
Cover Serambi Ummah edisi 734

Assalamualaikum wr wb

Sejumlah daerah di Indonesia mengalami banjir. Tidak terkecuali di Jakarta. Jika di ibu kota negara mendapat banyak perhatian, tidak demikian halnya yang terjadi di daerah. Warga di daerah yang kebanjiran lebih banyak pasrah. Mereka berusaha sendiri mengatasi musibah ini.

Sedang di Jakarta, perhatian datang langsung dari pemerintah pusat. Bahkan ada usaha untuk merekayasa cuaca agar tidak terjadi hujan di Jakarta dan daerah hulu. Awan yang mengandung banyak uap air dicairkan sebelum mencapai kawasan hulu Jakarta. Upaya memindah hujan ke daerah lain ini tentu saja memakan biaya yang besar.

Sedang yang tidak memiliki dana besar biasanya hanya menggunakan pawang hujan. Biasanya ini dilakukan saat ada hajatan seperti pernikahan. Bagaimana pendapat ulama mengenai hal ini, ikuti Rubrik Ihwal di halaman 2-3.

Di tengah datangnya berbagai bencana, bermunculan para dermawan. Namun banyak dermawan yang datang dengan atribut partai politik dan pencalonannya sebagai anggota legislatif. Mereka juga mengundang media massa untuk meliput pemberiaan sumbangan.

Hal ini sebenarnya sudah diprediksi. Soalnya berbagai bencana itu melanda menjelang pemilihan umum. Banyak politisi dan partai politik yang datang membantu sambil mengampanyekan kepeduliannya terhadap korban bencana. Padahal seharusnya tangan kanan memberi, tangan kiri tidak tahu. Bagaimana tanggapan ulama dan sosiolog, ikuti Rubrik Dalil di halaman 4.

Tidak hanya soal bencana yang digarap Serambi UmmaH kali ini. Pada Rubrik Sunah di halaman 7, kami mengupas tentang adab bertamu. Tepatnya tentang mengucapkan salam dan mengetuk pintu sebanyak tiga kali.

Kami juga membahas tentang dampak pertengkaran orangtua terhadap anak. Ini tergambar dalam kasus pembunuhan seorang anak oleh ibunya di Sungai Andai, Banjarmasin, beberapa waktu lalu. Hal ini kami kupas di Rubrik Sakinah di halaman 9.

Orangtua memang harus memberikan yang terbaik kepada anak. Salah satunya adalah mengajari dan membiasakan mereka mandiri. Bagaimana caranya, mari kita berbagi di Rubrik Ucil di halaman 11.

Masih banyak lagi tema menarik lainnya yang kami kupas kali ini. Semoga bermanfaat bagi kita dan keluarga. Amin.

Wassalamualaikum wr wb

Berita Populer
Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved