Bersihkan Lubang Tubuh dengan Wudu

Rasulullah SAW mengajarkan cara berwudu atau membersihkan beberapa bagian tubuh sebelum menunaikan salat.

Bersihkan Lubang Tubuh dengan Wudu
BANJARMASIN POST GROUP/AYA SUGIANTO

RASULULLAH SAW mengajarkan cara berwudu atau membersihkan beberapa bagian tubuh sebelum menunaikan salat.

Diriwayatkan dari Humran, ‘Utsman bin ‘Affan: “Utsman pernah meminta air wudu. Lalu dia berwudu, dia membasuh kedua telapak tangannya tiga kali, lalu berkumur-kumur dan membersihkan hidungnya (dengan memasukkan dan mengeluarkan air ke dalamnya).

Kemudian, membasuh mukanya tiga kali, membasuh tangan kanannya sampai sikunya tiga kali. Lalu, membasuh tangan kirinya sampai sikunya tiga kali pula hingga mengusap kepalanya, membasuh kaki kanannya sampai kedua mata kakinya tiga kali.

Setelah itu, membasuh kakinya yang kiri sampai kedua mata kakinya tiga kali pula. Setelah itu, dia berkata, “Saya melihat Rasulullah SAW. Berwudu sebagaimana saya berwudu ini”. (HR. Muslim)

Menurut Ustadz Kamil, Dosen IAIN Antasari Banjarmasin, di antara bagian tubuh yang berlubang yang harus dibersihkan setiap kali ingin menunaikan salat ialah mulut, hidung dan telinga.

1. Berkumur
Hadits yang dijadikan landasan perilaku sunnah ini adalah sabda Rasulullah SAW yang mengatakan, “Ada sepuluh perbuatan sunnah (saat berwudu), dan salah satunya adalah berkumur (madmadahah) dan membersihkan hidung (istinsyaq).” (HR. Muslim).

Dalam hadits lain Rasulullah SAW. bersabda: “Jika kamu akan melakukan wudu, maka berkumur-kumurlah.” (HR. Abu Daud dan Baihaqi).

“Di antara hikmah berkumur-kumur adalah dapat membersihkan mulut dari sisa-sisa makanan. Di samping itu dapat menjaga gigi, gusi dan memberi nafas yang lebih segar,” katanya.

2. Membersihkan hidung
Dengan cara memasukkan air ke dalam hidung dan mengeluarkannya kembali. Dalam tradisi Arab, hal ini disebut dengan istinsyaq atau istintsar.

Dalam hadits Nabi SAW bersabda yang artinya: “Jika salah seorang di antara kalian akan melakukan wudu, maka hendaklah memasukkan air ke dalam hidungnya, lalu keluarkan.” (HR. Bukhari, Muslim, dan Abu Daud).

Halaman
12
Editor: Dheny
Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved