Breaking News:

Serambi Ummah Edisi 735

Berbagai bencana melanda Indonesia sejak pertengahan 2013. Banjir menggenangi beberapa daerah,

Editor: Dheny
Serambi Ummah Edisi 735
Cover Serambi Ummah edisi 735

Assalamualaikum wr wb

BERBAGAI bencana melanda Indonesia sejak pertengahan 2013. Banjir menggenangi beberapa daerah, termasuk ibu kota negeri ini, DKI Jakarta. Sedang di laut, ombak mengamuk dan mengganggu rute pelayaran.

Belum selesai masalah banjir dan ombak besar, beberapa gunung di Indonesia telah dinyatakan mengalami peningkatan aktivitasnya. Bahkan, Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, telah menelan 15 korban jiwa.

Berbagai bencana itu sebenarnya bisa menjadi pengingat, agar umat selalu dekat dengan  Allah. Bukan sebagai azab yang diterima negeri ini akibat perilaku rakyatnya yang tidak bersyukur atas nikmat yang diberikan.

Sebagai rakyat Indonesia, kita tentu harus memiliki rasa peduli terhadap musibah yang melanda. Baik sebagai sesama muslim, atau sebagai warga yang juga merasakan penderitaan tetangganya.

Berbagai bentuk bantuan bisa disalurkan kepada para korban bencana. Mulai bahan makanan, pakaian, maupun bantuan lain. Bisa diserahkan langsung kepada para korban, atau disalurkan melalui organisasi-organisasi yang mengelola bantuan tersebut.

Selain membahas mengenai bencana yang melanda Indonesia, Serambi UmmaH kali ini juga membahas mengenai beredarnya makanan dan minuman kemasan yang mencantumkan label halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Padahal MUI belum mengeluarkan sertifikat halal untuk produk-produk tersebut.

Kehadiran makanan dan minuman berlabel halal tersebut perlu diwaspadai. Pasalnya, produsen berani memasang label halal MUI, meski belum memperoleh sertifikasi halal kepada produk mereka.

Umat Islam diharapkan berhati-hati membeli produk-produk yang label halalnya masih dipertanyakan. Karena untuk bisa mencatumkan label halal perlu proses dan prosedur pemeriksaan yang dilakukan MUI sebelum memberikan sertifikasi halal bagi suatu produk makanan atau minuman.

Di rubrik Sakinah, dibahas mengenai perbedaan pemahaman mengenai agama Islam di dalam rumah tangga. Perbedaan bisa muncul karena suami dan istri memiliki latar belakang pendidikan keagamaan yang berbeda.

Perbedaan memang berkah bagi umat Islam. Diharapkan, perbedaan pemahaman keagamaan tersebut memberikan pendewasaan terhadap suami dan istri dalam menjalani kehidupan berumah tangga.

Selain berbagai pembahasan di atas, masih banyak materi lain yang dibahas pada Serambi UmmaH edisi ini. Diharapkan, kehadiran Serambi UmmaH kali ini mampu membuka wawasan kita mengenai agama Islam.

Simak Epapernya di sini

Wassalamualaikum wr wb

Berita Populer
Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved