Breaking News:

Sikap Menghadapi Musibah

Setiap manusia pasti pernah mengalami musibah, karena musibah adalah bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan.

Editor: Dheny
Sikap Menghadapi Musibah
H. Muhammad Tambrin

Oleh: H Muhammad Tambrin

ALLAH Subhanahu Wa Ta’ala (SWT) berfirman dalam Alquran Surah Al Insyirah ayat 5-6 (artinya): “Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.”

Setiap manusia pasti pernah mengalami musibah, karena musibah adalah bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan. Mungkin ada yang pernah kehilangan harta, berupa uang ataupun barang.

Hape yang dicuri, motor dibawa kabur maling, dan semacamnya. Musibah juga bisa berarti kehilangan orang yang kita cintai. Bencana alam atau bencana buatan manusia, juga bisa mengakibatkan musibah.

Terkadang manusia tidak siap menghadapi musibah, dan seringkali salah menyikapinya. Bahkan ada yang tidak bisa menerima kenyataan. Terbelenggu oleh perasaan kehilangan hingga akhirnya stress dan depresi menyerang.

Supaya tidak stress dan salah langkah menyikapi musibah, ada tips menghadapi musibah berikut yang mungkin berguna saat Anda tertimpa musibah.

1. Ikhlas dan Sabar
Musibah itu apapun bentuknya, harus kita terima dengan ikhlas. Tanpa harus menyalahkan siapapun. Baik itu orang-orang terdekat kita atau orang lain. Apalagi menyalahkan Allah SWT, karena musibah yang kita alami. Terimalah semua itu dengan hati yang lapang.

Jika kita kehilangan harta benda, yakinlah itu masih bisa kita dapatkan lagi. Asalkan kita mau berusaha. Bila kita ditinggalkan orang yang kita cintai, manusia tidak akan selamanya hidup bersama. Pasti akan berpisah juga entah kini ataupun nanti.

Ikhlas akan membebaskan jiwa. Melepaskan beban yang ada di pundak kita. Ikhlas akan menghapus kesedihan, menyeka air mata dan melupakan duka. Kita terima semua musibah dengan ikhlas sebagai ketentuan atau takdir dari yang Maha Kuasa. Berapapun air mata yang tertumpah dan rasa sedih yang pedih, tidak akan mengembalikan harta yang hilang atau mereka yang telah pergi. Jadi ihklaskan saja semuanya.

2. Introspeksi Diri
Semua kejadian pasti ada sebabnya. Hukum sebab akibat berlaku universal. Kalau kita kehilangan motor, mungkin karena kita belum memasang alat pengaman yang cukup. Jika kita mengalami kecelakaan lalu lintas, bisa jadi karena kita kurang hati-hati atau terlalu ngebut.

Halaman
12
Tags
Musibah
Berita Populer
Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved