“Undang Rasulullah, Bencana Menjauh”

BENCANA demi bencana muncul di awal 2014. Hampir di semua negeri terjadi, mulai banjir,

“Undang Rasulullah, Bencana Menjauh”
HM Abduh Amrie

BENCANA demi bencana muncul di awal 2014. Hampir di semua negeri terjadi, mulai banjir, tanah longsor, gunung meletus hingga badai. Apa yang harus dilakukan sebagai umat beriman, jika mengalami bencana demi bencana.

Berikut wawancara Serambi UmmaH dengan Dosen Ulumul Quran Fakultas Dakwah dan Komunikasi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Antasari, HM Abduh Amrie:

Bagaimana muslim melihat bencana yang terus muncul di awal tahun ini?

Dalam agama Islam, musibah merupakan ulah manusia itu sendiri. Bisa dikarenakan ulah tangan manusia, atau karena turunnya akhlak umat, sehingga mengundang bencana untuk datang.

Sifat keserakahan manusia seperti korupsi, perbuatan maksiat mulai dari zina sampai yang mendekati zina. Kita lihat saat ini semakin banyak acara di televisi yang menampilkan joget bersama perempuan berpakaian minim, ditonton oleh banyak orang.

Kerusakan alam terjadi, akibat tangan-tangan manusia sendiri. Semua itu mengundang bala atau bencana, karena Allah tidak akan menurunkan bencana kalau bukan karena perbuatan manusia itu sendiri.

Apakah itu yang dinamakan bala?

Allah memang menciptakan bala atau bencana, tapi manusia sendiri yang mengundang bencana tersebut. Perbuatan-perbuatan maksiat dan ulah manusia sendiri yang mengundang bencana tersebut.

Bagaimana sikap kita selanjutnya?

Kita seharusnya banyak menghadirkan Rasulullah di sekitar kita, banyak membaca shalawat di majelis taklim, di rumah, di mana saja kita berada.

Dalam satu surat Al Taubah, Allah mengatakan tidak akan menyiksa atau menurunkan bala, selama Rasulullah ada di tempat kamu. Artinya, perbanyaklah shalawat untuk menghadirkan Rasulullah, menjauhkan dari bala bencana.Ini berlaku bukan hanya pada masa Rasulullah, tapi sekarang dan masa yang akan datang hingga hari kiamat.

Apa saran Anda?

Sekarang tergantung kita, siapa yang mau kita undang, apakah bencana atau Rasulullah yang menghindarkan kita dari bencana? Perbanyak selawat agar kita terhindar dari bala bencana.

Perbaiki sikap dan akhlak kita, undang Rasulullah di tengah kita, agar bencana menjauh dari kita. Amin.

(rahmadhani-irham safari)

Editor: Dheny
Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved