Breaking News:

Kakak Tak Setuju

APAKAH boleh seorang wali nikah tidak mau menikahkan adik kandungnya, sebab calon suami adiknya

Editor: Dheny

APAKAH boleh seorang wali nikah tidak mau menikahkan adik kandungnya, sebab calon suami adiknya itu tidak disukai? Apakah boleh atau sah pernikahan dengan wali saudara laki-laki yang lain, karena menyetujui pernikahan tersebut ?

05117890xxx

Diasuh: Gusti Makmur

SEBELUM membahas pernikahan tanpa persetujuan orangtua/wali, ada baiknya kita mengetahui syarat-syarat perkawinan, yaitu:

1. Harus didasarkan atas persetujuan kedua calon mempelai.
2. Untuk melangsungkan perkawinan, seorang yang belum mencapai umur 21 tahun harus mendapat izin kedua orangtua/wali.

Kedua hal tersebut diatur dalam Pasal 6 ayat (1) dan ayat (2) Undang Undang Perkawinan Tahun 1974 (“UU 1/1974”).

Jadi, berdasarkan ketentuan di atas, jika usia seseorang sudah mencapai 21 tahun, tidak perlu persetujuan orangtua untuk menikah. Namun, jika usia kurang dari 21 tahun, harus mendapatkan persetujuan orangtua untuk menikah.

Jika orangtua tidak menyetujui perkawinan tersebut, dapat meminta izin dari pengadilan dalam daerah tempat tinggal. Pengadilan dapat memberikan izin menikah setelah mendengar pendapat dari orangtua (lihat Pasal 6 ayat [2] UU 1/1974).

Syarat perkawinan; ada calon suami, calon istri, wali nikah, dua orang saksi, ijab dan kabul. Dan jika karena satu atau lain alasan orangtua atau saudara, tidak bisa atau tidak mau menjadi wali nikah Anda, itu Anda dimungkinkan untuk meminta kerabat Anda yang lain yang memenuhi syarat untuk menjadi wali nikah. (*)

Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved