Breaking News:

Tiangnya Dilapisi Stainless

DULU, bangunan masjid ini sangat sederhana dan semuanya berbahan kayu ulin.

Editor: Dheny
BANJARMASIN POST GROUP/JUMADI

SERAMBIUMMAH.com - DULU, bangunan masjid ini sangat sederhana dan semuanya berbahan kayu ulin. Begitu pula atapnya, berbahan ulin atau biasa disebut sirap.

Meski begitu, masjid tersebut pada masanya terbilang megah. Bagaimana saat ini? Masjid yang berada di kawasan Kompleks Mulawarman, Banjarmasin Tengah, itu pun semakin elok.

Muslimin yang salat di sana pun merasa nyaman beribadah. Menampung jemaah salat Jumat yang berasal dari kawasan Jalan Mulawarman, Jalan Bali, Kompleks Kiwal, Asrama Polisi Mulawarman dan sekitarnya.

Kini, empat tiang penyangga dilapisi dengan stainless. Ditambah dengan kaligrafi di sepanjang balkon, begitu selaras dengan dindingnya yang semua putih.

Itulah Masjid Pelajar Mulawarman, tepatnya di bilangan Jalan Mandiangin, Banjarmasin. Masjid yang mampu menampung 600 sampai 700 jemaah antara itu, semakin semarak dengan berbagai kegiatan yang diselenggarakan.

Penuturan M Jurmansyah, SPd, Ketua Bidang Rumah Tangga Pengurus Masjid Pelajar Mulawarman, masjid ini berdiri pada 1957. Dulunya, bagian atap masjid mirip dengan bentuk Masjid Demak di Kota Demak, Jawa Tengah.

Sedangkan 90 persen fisik bangunannya, terbuat dari ulin. Setelah beberapa kali perubahan dan perbaikan, maka hampir 100 persen fisik bangunan masjid telah berubah total.

“Sekarang ini fisik bangunannya permanen. Masjid ini hanya memiliki satu menara dengan ketinggian sekitar 30 meter,” paparnya.

Ditambahkan Jurmansyah, setiap hari di masjid tersebut selalu diisi dengan berbagai kegiatan, di antaranya majelis taklim, ceramah agama setelah usai salat subuh, kecuali hari Minggu. “Masjid kami juga terpilih sebagai juara pertama kategori masjid swadaya di tingkat nasional,” imbuh Jurmansyah.

Nama-nama pengurus Masjid Pelajar Mulawarman Banjarmasin, Ketua Drs H Mulkani, Wakil Ketua Drs H Husni Thambrin, sekretaris H Husni Thambrin dan Ketua Bidang Rumah Tangga M Jurmansyah, Spd.I. (jumadi-alpri widianjono)

Berita Populer
Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved