Keutamaan Salat Malam

RASULULLAH bersabda: “Setan mengikat tiga ikatan pada bagian belakang kepala salah seorang di antara kamu ketika tidur

Keutamaan Salat Malam
H. Muhammad Tambrin

Oleh: H Muhammad Tambrin
Kepala kanwil Kemenag Kalsel

RASULULLAH bersabda: “Setan mengikat tiga ikatan pada bagian belakang kepala salah seorang di antara kamu ketika tidur, dia mengencangkan setiap ikatan itu (seraya berkata) malam yang panjang bagimu, maka tidurlah! Jika ia bangun lalu mengingat Allah, terlepaslah satu ikatan, jika ia berwudhu maka terbukalah satu ikatan lagi, dan jika ia salat terbukalah satu ikatan lagi, lalu ia menjadi semangat lagi periang dan jika tidak, jiwanya menjadi jelek lagi malas” (HR Bukhari).

1. Salat malam, ibadah yang biasa dikerjakan orang-orang saleh, ibadah yang mendekatkan diri kepada Allah SWT, penghapus berbagai kesalahan dan pencegah dari perbuatan dosa, sabda Rasulullah SAW:

Hendaklah kalian salat malam, karena salat malam adalah kebiasaan yang dikerjakan orang-orang saleh sebelum kalian, ia adalah ibadah yang mendekatkan diri kepada Rabb kalian, penghapus berbagai kesalahan dan pencegah perbuatan dosa” (HR Tirmidzi).

2. Salat malam merupakan salatnya para abraar (orang-orang yang banyak berbuat kebaikan), Nabi SAW jika mendoakan salah seorang di antara sahabat beliau berkata:

Semoga Allah menjadikan atas kamu salatnya orang-orang yang banyak berbakti, mereka salat di malam hari dan berpuasa di siang hari, mereka tidak mempunyai dosa dan tidak pula melakukan kejahatan.

3. Salat malam adalah salat yang disaksikan (masyhudah). Rasulullah SAW bersabda: Sesungguhnya dekat-dekatnya Allah kepada seorang hamba adalah di tengah malam, maka jika kamu mampu tergolong orang-orang yang mengingat Allah pada saat itu, jadilah” (HR. Ibnu Khuzaimah dalam shahihnya)

4. Salat malam salah satu amal yang menyebabkan pelakunya masuk surga berdasarkan sabda Nabi SAW: “Wahai manusia! Sebarkanlah salam, berilah makan dan salatlah di malam hari ketika manusia sedang tidur lelap, niscaya kamu masuk surga dengan penuh kedamaian.” (HR. Ibnu Majah).

5. Orang yang bangun dari tidurnya untuk mengerjakan salat, niscaya akan terlepas dari ikatan setan.

6. Salat malam sebagai sebab rahmat dan kasih sayang Allah kepada hamba-Nya, berdasarkan hadits Rasulullah SAW :

Halaman
123
Editor: Sudi
Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved