Lomba di Milad Pesantren Tarbiyatul Islamiyah

Gendangan suara terbang (rebana) terdengar rancak mengiringi puji-pujian kepada Rasulullah SAW dari

SERAMBIUMMAH.COM - Gendangan suara terbang (rebana) terdengar rancak mengiringi puji-pujian kepada Rasulullah SAW dari Masjid Kanas di Jalan Alalak Tengah Alalak Tengah Banjarmasin Utara. Nadanya berbeda-beda karena dikumandangan 46 kelompok secara bergantian.

Itulah Festival Maulid Al Habsyi antar SD, MI, SLTP dan SMA yang digelar dalam rangka memperingati Milad Ke 7 Pesantren Tarbiyatul Islamiyah dan didukung Banjarmasin Post Group, Senin (24/2) siang.

Ketua panitia penyelenggara, H Muhammad Sasi mengatakan festival yang baru kali pertama digelar ini bertujuan mengingatkan budaya maulid habsyi kepada generasi muda di tengah era modern. “Ini budaya asli Banjar. Semoga dengan kegiatan ini, anak-anak tahu budaya kita, dan lebih mencintai selawat kepada Rasulullah SAW,” katanya.

Apalagi ia menilai, selama ini festival maulid habsyi banyak ditinggalkan terutama sekolah di perkotaan.

“Tapi Alhamdulillah, festival kali ini mendapat antusias yang luar biasa, ada 46 kelompok. Bahkan ada yang dari TK. Dari Kabupaten Batola dan Kabupaten Banjar juga ada,” katanya.

Salah satu peserta kelompok maulid habsyi dari SDN Alalak Tengah 3 Banjarmasin Utara mengumandangkan lagu Saltullah Salamullah. Mereka kompak dan serasi. Salah satu murid, Rahmi mengatakan sebagai persiapan ia dan ke 14 teman-temannya rajin berlatih setiap hari Jumat di sekolah.

“Kami yakin menang, karena sudah sering tampil. Ya semoga lebih sering di adakan, supaya budaya Banjar bisa selalu ada Kita lihat dan dengar,” harapnya.

Festival ini sendiri diadakan hingga Rabu (26/2) sekaligus pengumuman pemenang yang akan dimulai dari pukul 09.00 Wita hingga selesai. (rahmadhani/*-agus rumpoko)

Editor: Dheny
Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved