Ucapkan Salam Tanda Kasih Sayang

MENGUCAPKAN salam ketika bertemu teman atau saudara, sudah menjadi budaya masyarakat Indonesia.

Ucapkan Salam Tanda Kasih Sayang
BANJARMASIN POST GROUP/APUNK
Ilustrasi 

MENGUCAPKAN salam ketika bertemu teman atau saudara, sudah menjadi budaya masyarakat Indonesia.

Menurut Ustadz Masnun, memulai salam adalah sunah yang dianjurkan atau sunah kifayah. Jenurut Ustadz Masnun, memulai salam adalah sunah yang dianjurkan atau sunnah kifayah.

Jika yang memberi salam itu jamaah, maka cukup salah seorang dari mereka saja yang mengucapkan salam. Jika mereka mengucapkan salam semuanya, maka itu lebih utama.

Imam al-Qadhi Husain, salah seorang imam dari kalangan sahabat kami dalam kitab as-Sair dari ta’liq nya, mengatakan, “Kita tidak memiliki sunah kifayah selain ini.”

Kalau orang mau memperhatikan syariat Islam dan seluruh ajarannya, maka dia akan mendapati, keseluruhannya tidak lain adalah untuk kebaikan dan kebahagiaan manusia, termasuk juga anjuran menebarkan salam.

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya”. (QS al-Ahzab 33:56)

Mengucapkan salam merupakan salah satu perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala dan Rasul-Nya Shallallaahualaihi wa Sallam, sebagaimana dalam hadits Barra’ bin Azib, ia berkata: “Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Sallam memerintahkan kami untuk melakukan tujuh perkara, yaitu melayat dan memandikan jenazah, mengiringi jenazah ke pekuburannya, mendoakan orang bersin yang mengucapkan Alhamdulillah, membantu orang yang lemah, menolong orang yang dizhalimi, mengucapkan salam dan memenuhi sumpah.” (Muttafaq alaih).

“Bersalawat kalau dari Allah berarti memberi rahmat, dari malaikat berarti memintakan ampunan dan  kalau dari orang-orang mu’min berarti berdoa supaya diberi rahmat seperti dengan perkataan:

“Allahuma shalli ala Muhammad”. sedangkan ucapan salam dengan mengucapkan perkataan seperti: “Assalamu’alaika ayyuhan Nabi” artinya: semoga keselamatan tercurah kepadamu hai Nabi” kata Ustadz Masnun.

Mengucapkan salam juga dapat menimbulkan kasih sayang antar sesama. Dengan menebarkan salam akan menimbulkan rasa saling berkasih sayang di antara sesama sebagaimana diriwayatkan Abu Hurairah ra, Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Sallam bersabda: “Tidak akan masuk surga sampai kamu beriman, dan tidak beriman sehingga kamu saling mencintai. Dan maukah aku tunjukkan suatu perbuatan yang bisa membuatmu saling mencintai; yaitu tebarkan salam antar sesamamu.” (HR. Al Bukhari - Muslim).

Halaman
12
Editor: Sudi
Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved