Indahnya Islam dalam "99 Cahaya di Langit Eropa Part 2"

"Islam itu toleran, Islam itu jauh dari kekerasan, Islam itu terbuka, Islam itu besar, Islam itu maju

Indahnya Islam dalam
net
99 cahaya di langit eropa

SERAMBIUMMAH.CO.ID - "Islam itu toleran, Islam itu jauh dari kekerasan, Islam itu terbuka, Islam itu besar, Islam itu maju, Islam itu modern, dan Islam itu damai."

Pesan-pesan tersebut coba diangkat oleh penulis skenario Alim Sudio dan coba diterjemahkan ke layar perak oleh sutradara Guntur Soeharjanto melalui film 99 Cahaya di Langit Eropa Part 2.

Lokasi syuting di Cordoba, Spanyol, dan Istanbul, Turki, tentu diharapkan menjadi kekuatan untuk menarik penonton bagi film yang di adaptasi dari novel berjudul sama karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra  tersebut.

Sayangnya, film tersebut tidak menayangkan secara cukup sisa kebesaran dan kemegahan Islam di Cordoba.

Porsi terbesar hanya diperlihatkan ketika Hanum, yang diperankan Acha Septriasa, dan Rangga yang diperankan Abimana Aryasatya, berada di dalam Kathedral Mezquita --sebelumnya merupakan Masjid Cordoba.

Gambar secara utuh kemegahan bangunan yang berdiri di kaki bukit Siera de Montena, dan menjadi pusat keislaman di Andalusia selama tiga abad tidak terlihat.

Penonton akan terhibur dari cuplikan-cuplikan detail keindahan bagian dalam arsitektur bangunan yang menyerupai Masjid Nabawi di Madinah dan Masjid Agung Damaskus di Suriah.

Sebutan Cordoba sebagai The City of Light yang menjadi cahaya, inspirasi, pencerahan dari kemajuan pemikiran Islam terhadap ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknologi, bahkan kesenian pada masa,  tidak terwakili dalam film tersebut.

Porsi visual peninggalan Islam di Istanbul, Turki, lebih besar ketimbang di Cordoba, Spanyol. Gambar secara utuh bagian luar Hagia Sofia dan Masjid Biru atau yang lebih dikenal Blue Mosque ditampilkan sekilas.

Cuplikan dari dua tempat ini yang kemudian dijadikan kekuatan untuk menyampaikan bahwa Islam adalah agama yang penuh toleransi.

Halaman
123
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved