Fatihah Empat Diusapkan ke Seluruh Badan

Ustadz Masnun mengatakan, ketika ingin memejamkan mata, amalkan membaca doa atau surah-surah tertentu terlebih dahulu.

Fatihah Empat Diusapkan ke Seluruh Badan
Net

BENTENG umum untuk mengelakkan gangguan dan kejahatan setan ialah dengan memelihara iman. Senatiasalah memperbaiki keimanan kita dari hari ke hari. Maka penting untuk kita mempraktikkan larangan-larangan dan perintah Rasulullah untuk memelihara diri daripada kejahatan setan.

Ustadz Masnun mengatakan, ketika ingin memejamkan mata, amalkan membaca doa atau surah-surah tertentu terlebih dahulu. Rasulullah SAW sering mengamalkan membaca surah Al Ikhlas, Al Falaq dan Al-Naas atau atau yang biasa disebut Fatihah Empat.

Kemudian, dihembuskan bacaan itu di kedua belah tangannya lalu digosok ke seluruh badannya, di mana tangannya dapat sampai. Bacaan dan perbuatan itu, diulang Rasulullah sebanyak tiga kali berturut-turut.

Daripada Aisyah ra, katanya Nabi SAW apabila ke tempat hamparan tidur setiap malam selalu menadahkan kedua tangannya kemudian menghambus kedua tapak tangan lalu membaca surah Al-Ikhlas, surah Al-Falaq dan surah An-Nas. Kemudian, rasulullah menyapu ke bahagian badan yang dapat dicapai kedua tangan. Rasulullah memulakannya dari kepala, muka, dan bahagian badan yang dapat dicapai. Rasulullah melakukan seperti demikian sebanyak tiga kali. (HR Bukhari).

Surat An-Naas dan Al-Falaq merupakan surat makkiyah yang pertama karena kedua surat ini diturunkan di kota Mekkah.

Selain itu, karena di dalam surat ini terkandung ajaran Tauhid. Alasan lain mengapa tergolong surat Makkiyah karena surat ini diturunkan sebelum nabi hijrah dari Mekkah ke Madinah.

Keuntungan kita mengamalkan An-Naas dan Al-Falaq ini merupakan surat Al Muawizatain atau merupakan surat perlindungan. Khasiat surat ini adalah untuk perlindungan agar kita dijauhkan dari godaan jin dan manusia karena banyak sekali setan yang berwujud manusia.

Membaca kedua surat ini cukup membuat diri kita dihindarkan dari godaan setan dan kadang kita juga pernah mimpi buruk yang membuat hati gelisah ketika bangun dari tidur?  Itu karena Kita lupa membaca doa sebelum tidur.

Salah satu cara agar kita tidak mimpi buruk saat tidur adalah membaca surat Al-Muawizat.

Al-Muawizat berupa surah Al-Ikhlas, An-Naas dan Al-Falaq 3x sambil mengankat tangan seperti berdoa,dan di tiupkan ke tangan tersebut lalu diusapkan dari kepala hingga kaki.

Halaman
12
Editor: Dheny
Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved