Ajak Anak Bicara tentang Hobinya

ANAK perlu dibimbing dan diarahkan untuk menyalurkan minat sesuai bakat.

Ajak Anak Bicara tentang Hobinya
Tribunnews

ANAK perlu dibimbing dan diarahkan untuk menyalurkan minat sesuai bakat. Sejak dini, anak perlu diajak ngomong atau berdiskusi, sehingga dia merasa didukung saat menentukan pilihannya.

Siti, ibu rumah tangga yang tinggal di Kompleks Rina Karya Jalan A Yani km 7, Kecamatan Kertakhanyar, Kabupaten Banjar, merasa senang karena kedua anaknya aktif di sekolah dan luar sekolah.

“Anak saya yang pertama sekarang kelas IV SD. Dia ikut drum band di sekolah,” sebut Siti.

Sejak tampil di beberapa event, lanjut Siti, kepercayaan diri anaknya meningkat. Bahkan, sang anak sangat bangga atas pencapaiannya itu.

“Sejak kelas III, anak saya ajak ngomong. Maunya kegiatan apa. Jadi saya nggak pernah maksa,” ujar Siti.

Rupanya, imbuh Siti, sejak kelas I SD, anaknya sudah mengamati kakak kelasnya saat latihan marching band di sekolah. Begitu ditanya, dia langsung memilih kegiatan tersebut. Padahal, di sekolah ada beladiri, mengaji dan lainnya.

“Di drum band, anak dilatih toleransi, sabar dan berlatih kekompak tim. Itu yang saya suka,” kata Siti.

Berbeda dengan anak kedua Siti. Sejak kecil dia suka bermain musik. Begitu diajak ke salah satu tempat kursus musik, dia langsung memegang piano.

“Sejak kelas satu dia les piano. Sekarang sudah kelas tiga. Lumayan mahir. Dia sangat bahagia bisa bermain piano. Intinya komunikasi. Maunya anak apa. Itu saja,” ucap Siti.

Psikolog RSUD Ulin Banjarmasin, Rifqoh Ihdayati, mengatakan agar anak bisa menekuni minat sesuai bakat, dia harus menyenangi terlebih dahulu. Caranya, sejak dini orangtua mulai memperkenalkan pada sejumlah kegiatan. Lalu, biarkan anak mengamati dan menentukan pilihan.

Halaman
12
Editor: Dheny
Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved