Baznas Kalsel Belajar Pendayagunaan Zakat

BADAN Amil Zakat Nasional (Baznas) Kalimantan Selatan, terdiri atas Dewan Pertimbangan,

Baznas Kalsel Belajar Pendayagunaan Zakat
BPost Group
BADAN Amil Zakat Nasional Kalimantan Selatan bersilaturahim ke Baznas Bandung Barat, Jawa Barat dan Baznas Republik Indonesia di Jakarta. 

BADAN Amil Zakat Nasional (Baznas) Kalimantan Selatan, terdiri atas Dewan Pertimbangan, Pelaksana dan Staf Sekretariat pada 26 - 28 Fabruari 2014 bersilaturahmi ke Baznas Bandung Barat, Jawa Barat dan Baznas Republik Indonesia di Jakarta, dipimpin ketuanya HG (P) Rusdi Effendi AR.

Dalam lawatan tersebut, digali informasi dan belajar dari pengalaman Baznas Jabar mengenai pengumpulan dana Zakat Infak dan Sedekah (ZIS) oleh Unit Pengumpul Zakat (UPZ), pendistribusian dan pendayagunaan melalui Zakat Community Development (ZCD) bagi warga di Bandung Barat.

Ketika diajak ke lokasi desa binaan Baznas Bandung Barat oleh Ketua Baznas Jabar, H Surjani Ihsan, rombongan Baznas Kalsel melihat dari dekat pembudidayaan kelinci di Cijamil Ngamprah. Tidak hanya itu, warga binaan Baznas di sana mengembangkan tanaman dan sayuran yang diperlukan warga sekitar.

Selama di Bandung Barat, rombongan Baznas Kalsel juga tertarik ingin membentuk kelompok desa binaan, baik berternak kelinci, pengembangan dan budidaya ternak atau unggas lain, yang cocok bagi daerah Kalsel.

“Kita tertarik budidaya kelinci, karena mudah perawatan kandang dan cepat pengembangbiakan, tapi apa cocok buat warga Banua,” ujar Rusdi dalam perbincangan dengan Pelaksana Baznas Jabar.

 Setelah mengunjungi lokasi budidaya kelinci, rombongan Baznas Kalsel diajak lagi ke lokasi pembuatan kompas kiblat di Kampung Areng, Lembanag. “Kami membuat untuk keperluan umat Islam. Banyak permintaan, sayang tenaga terbatas,” ujar Hendro yang juga Pelaksana Baznas Jabar.

Bekerjasama dengan lembaga penelitian lain, ujar Hendro yang ahli astronomi itu, juga dikembangkan teropong bintang sebagai tempat pengintaian untuk penentuan awal dan akhir bulan.

“Jika menetukan awal dan akhir Ramadhan, di sini menjadi lokasi yang direkomendasi oleh Kementerian Agama,’ ujarnya sembari melayani rombongan Baznas Kalsel yang mencoba teropong bintang modifikasi dia.

Lokasi pengintaian benda-benda langit tersebut, persis di atas perbukitan sehingga memudahkan mengarahkan teropong bintang. Bangunan pun didesain sedemikian rupa, agar mudah untuk buka tutup atapnya.

Selain ke Baznas Jawa Barat, rombongan Baznas Kalsel juga menyambangi Pelaksana Baznas RI di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat dan bertandang ke Rumah Sehat Masjid Sunda Kelapa di Jalan Menteng, Jakarta Pusat.

Silaturrahim ke Baznas RI, Rusdi Effendi menyerahkan proposal rencana pendirian Rumah Sehat Baznas di Kalsel diterima Direktur Pelaksana Baznas RI, Teten Kustiawan yang sekaligus memberikan petunjuk mengenai pelaksanaan tugas sehari-hari sebagai pengumpul, penyalur atau distribusi dan pendayagunaan dana ZIS.

“Khusus peraturan pemerintah mengenai rincian pelaksanaan Undang Undang Pengelolaan Zakat, dalam waktu dekat disampaikan ke masing-masing Baznas provinsi,” ujar Teten. (irham safari)

Penulis: nurlembang
Editor: Dheny
Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved