Mentadaburi Ketika Diperdengarkan Alquran

ALLAH SWT memerintahkan secara mutlak kepada orang mukmin, agar mendengarkan Alquran

Mentadaburi Ketika Diperdengarkan Alquran
BPost Group

ALLAH SWT memerintahkan secara mutlak kepada orang mukmin, agar mendengarkan Alquran dan memperhatikan isi kandunganya secara tenang.

Allah SWT berfirman dalam surat Al A’raf ayat 204 yang artinya, “Dan apabila dibacakan Alquran, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat”.

Ustadz Masnun mengatakan, ada dua hal yang bisa dijabarkan, yakni mendengarkan dan memperhatikan dengan tenang.

Al Inshat adalah sisi penampilan dengan tidak berbicara atau meninggalkan kesibukan yang dapat mengganggu dari mendengarkan.

Sementara Al Istima adalah memasang telinga dan menghadirkan hati untuk mentadaburi (mempelajari dan menelaah) dari apa yang didengarkan.

Sebab, kelaziman dari dua hal ini, ketika Kitabullah dibaca, dia akan mendapatkan banyak kebaikan dan ilmu yang luas, terus memperbaharui keimanan, petunjuk yang terus bertambah pengetahuan agamanya.

Dari keuntungan itu menunjukkan, ketika dibacakan Kitabullah kepada seseorang sementara tidak mendengarkan dan memperhatikan dengan tenang, dia tidak mendapatkan bagian Rahmat dan dia pun rugi karena sudah terlepas banyak kebaikan.

Di antara perintah yang ditekankan untuk mendengarkan Alquran, agar dia mendengarkan dan memperhatikan dengan tenang ketika dalam salat yang dibaca keras ketika imam membacanya. Maka dia diperintahkan untuk memperhatikan dengan tenang.

“Kebanyakan ulama mengatakan, sibuk memperhatikan dengan tenang itu lebih baik daripada membaca Al Fatihah dan lainnya,” katanya.

Diakuinya, Syeikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata: “Dengan pendengaran ini, Allah memberikan Hidayah kepada para hamba, memperbaiki urusan kehidupan dan kematian,” katanya.

Dijelaskannya, Rasulullah SAW diutus dan diperintahkan kepada para Muhajirin dan kaum Anshar serta orang-orang yang mengikutinya dengan baik.

Dengannya, para ulama salaf bersepakat, sebagaimana dahulu para sahabat Rasulullah sallallahu’alaih wa sallam kalau bersepakat dalam satu urusan mereka memerintahkan di antara mereka untuk membaca (Alquran) sementara mereka mendengarkannya. Wallahua’lam. (rahmadhani-kamardi)

Keuntungan Orang yang Mendengarkan Alquran:
- Mendapatkan banyak kebaikan
- Mendapatkan ilmu yang luas
- Mampu memperbaharui keimanan
- Meraih petunjuk yang terus bertambah
- Pengetahuan agama juga tak pernah berkurang dan luntur
- Mendapat Rahmat langsung dari Allah SWT
- Orang membaca dan mendengar sama-sama mendapat Rahmat dan Hidayah

Tags
Alquran
Editor: Dheny
Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved