Breaking News:

Ujian Manasik Haji Jadi Motivasi

kegiatan ujian praktik manasik haji yang dilakukan oleh SMAN 3 Mataram harus menjadi motivasi bagi sekolah lainnya di daerah itu

Ujian Manasik Haji Jadi Motivasi
Republika/Tahta Aidilla
Latihan manasik haji

SERAMBIUMMAH.COM, MATARAM – Pengawas Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama Kota Mataram Rusnan mengatakan, kegiatan ujian praktik manasik haji yang dilakukan oleh SMAN 3 Mataram harus menjadi motivasi bagi sekolah lainnya di daerah itu.

"Hal itu membuktikan bahwa pendidikan agama di SMA Negeri tidak kalah dengan madrasah atau sekolah agama Islam lainnya," katanya, Jumat (13/3/2014).

Menurut Rusnan, kegiatan ujian praktik manasik haji yang dilengkapi dengan miniatur Ka'bah di halaman sekolah itu sangat luar biasa. Sebab, hal itu belum pernah dilaksanakan oleh sekolah-sekolah lainnya.

"Karenanya, kami dari tim pengawas sangat berharap program itu bisa ditularkan ke sekolah-sekolah lainnya di Kota Mataram," katanya.

Dalam kurikulum pendidikan agama Islam, berbagai teori tentang kegiatan pelaksanaan ibadah haji sudah diberikan. Namun, SMAN 3 Mataram mampu melaksanakan praktik manasik haji.

Sehingga ilmu dan pengalaman yang didapatkan para siswa benar-benar secara teori dan praktik. Dengan demikian, hal ini bisa meningkatkan kedisiplinan dan menjaga perilaku siswa sesuai dengan motto Kota Mataram yang religius.

Dari hasil penilaian Rusnan, praktik manasik haji yang dilakukaan 390 siswa Muslim di SMAN 3 Mataram sudah cukup baik, tinggal meningkatkan keseriusan siswa. (rol/ant)

Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved