Ajarkan Sejak dalam Kandungan

MENGENALKAN baca Alquran kepada anak, menurut Yasnie, semestinya dilakukan sejak dini,

Ajarkan Sejak dalam Kandungan
Ilustrasi

MENGENALKAN baca Alquran kepada anak, menurut Yasnie, semestinya dilakukan sejak dini, saat anak dalam kandungan. Hal itu efektif untuk membiasakan anak mendengar lantunan ayat suci dan kelak memudahkannya belajar Alquran.

“Jadi, saat mengandung biasakan memperdengarkan baca-bacaan Alquran,” saran Yasnie.

Semenjak dalam kandungan mulai diajarkan mengenalkan huruf Alquran dan dilanjutkan dengan menghafal surat-surat pendek. Caranya dengan membacakan langsung secara dekat ke arah perut sang ibu.

“Dibacakan dengan cara lambat dan diulang-ulang sebanyak tiga kali,” ujarnya.

Hal itu dilakukan rutin, misalnya dua kali dalam sehari. “Jadikan ini sebagai sekolah bayi yang pertama. Orangtua harus bekerja sama dan harus saling mendukung langkah tersebut,” ujarnya.

Rajin-rajinlah memperdengarkan lantunan murottal Alquran kepada bayi dalam kandungan, baik oleh ibu maupun suami, atau juga bisa menggunakan mp3 murottal dari para syaikh.

“Putar sesering mungkin, terutama pada waktu-waktu salat magrib dan hendak tidur,” ujarnya.

Cara mengajarkan anak menghafal Alquran sejak bayi tersebut telah terbukti membuat anak yang baru lahir menjadi lebih akrab dan mudah menghafal Alquran.

“Berdoalah kepada Allah SWT agar dikaruniai keturunan yang hafidz dan terus mendukung dengan contoh tauladan,” ujarnya. (salmah-budi arif rh)

Editor: Dheny
Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved