Membumikan Alquran Bersama Suami

SEJAK kecil Yasnie Prihaty SPdi sudah mendapat bimbingan membaca Alquran langsung dari orangtuanya

Membumikan Alquran Bersama Suami
BPOST GROUP/SALMAH
Yasnie Prihaty

SEJAK kecil Yasnie Prihaty SPdi sudah mendapat bimbingan membaca Alquran langsung dari orangtuanya, M Ilyas. Kemudian mendapat bimbingan lanjutan dari qori-qori yang berprestasi, di antaranya Drs H Muhammad Abduh, Drs Artoni Jurna, dan Saleh Yusran.

Sejak kelas 5 SD saya sudah mengikuti lomba baca Alquran dalam pekan Rajabiah,” ujar Yasnie.

Awalnya lomba yang diikuti kategori qoriah tilawah. Setelah beberapa kali meraih prestasi, pada 2005 Yasnie mulai beralih belajar baca Alquran dengan sistem qiraat. Qiraat adalah bentuk pengucapan kata atau kalimat Alquran yang di dalamnya termasuk perbedaan dialek/logat (cara pengucapan kalimat) yang bersumber pada Rasulullah SAW.

“Alhamdulillah berkat tekun belajar dan terus memperdalam ilmu, saya bisa memahami baca Alquran dengan qiraat. Sekarang saya mengikuti kategori lomba qiraat, yang memang masih jarang sekali peminatnya,” ujarnya.

Cara baca qiraat memang ada perbedaan dengan membaca Alquran pada umumnya. Tapi dengan keyakinan kuat Yasnie terus memelajarinya, sehingga akhirnya mampu meraih prestasi.

“Berkah membaca Alquran jelas sangat banyak sekali dalam kehidupan. Salah satunya saya mendapat prestasi dalam lomba baca Alquran,” ungkap Yasnie.

Mengajarkan ilmu baca Alquran kepada generasi muda kini menjadi aktivitas rutin Yasnie. Ia ingin sejak dini anak-anak mengenal kitab suci dan berharap membaca Alquran menjadi budaya di rumah tangga muslim.

Yasnie, yang juga pandai bahasa Inggris dan mengajar di lembaga kursus, sudah menularkan kepandaian membaca Alquran kepada kedua buah hatinya. Putra pertama, Ridha, sudah bisa membaca Alquran. “Tapi dia masih belum diikutkan lomba,” ujarnya.

Anak keduanya yang baru berusia 3,5 tahun, Haura, juga mulai terlihat bakatnya. “Bagi saya nilai Alquran bisa direfleksikan dalam kehidupan sebagai ibu dan juga sebagai pekerjaannya,” ujarnya.

Satu harapannya, dalam kehidupan umat Islam adalah minat besar dalam mempelajari Alquran, sebab sekarang fenomenanya adalah cukup memprihatikan, cukup rendah ketertarikan sebagian umat untuk membaca Alquran.

Halaman
12
Tags
Ibu Hamil
Editor: Dheny
Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved