Breaking News:

Memercayai Ramalan

ALLAH berfirman (artinya): Katakanlah: “Tidak ada seorang pun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang gaib, kecuali Allah...

Editor: Sudi
Memercayai Ramalan
H. Muhammad Tambrin

Oleh: H Muhammad Tambrin
Kepala kanwil Kemenag Kalsel

ALLAH  berfirman (artinya): Katakanlah: “Tidak ada seorang pun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang gaib, kecuali Allah, dan mereka tidak mengetahui bila mereka akan dibangkitkan” (QS An-Naml : 65).

Rasulullah SAW bersabda (artinya): “Barang siapa mendatangi seorang dukun atau peramal kemudian membenarkan apa yang ia katakan, maka ia telah kafir terhadap wahyu yang diturunkan kepada Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam” (HR Ahmad).

1. Ibadah salatnya tidak diterima 40 hari. Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa mendatangi peramal lalu mempercayai ucapannya, salatnya selama 40 hari tidak diterima” (HR Ahmad).

2. Kufur kepada agama Islam. Sebab, di antara yang diturunkan kepada Rasulullah SAW adalah hal-hal yang gaib tidak ada yang mengetahuinya selain Allah SWT.

“Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang gaib; tak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri …” (QS. Al-An’am : 59)

“(Dia adalah Tuhan) Yang Mengetahui yang gaib, maka Dia tidak memperlihatkan kepada seorang pun tentang yang gaib itu, kecuali kepada rasul yang diridai-Nya, maka sesungguhnya Dia mengadakan penjaga-penjaga (malaikat) di muka dan di belakangnya” (QS Al-Jin : 26-27).

Bahkan Rasulullah SAW sendiri tidak mengetahui hal-hal gaib, kecuali yang diberitahukan Allah kepadanya melalui wahyu, karenanya Allah berfirman kepadanya:

Katakanlah: “Aku tidak berkuasa menarik kemanfaatan bagi diriku dan tidak (pula) menolak kemudharatan kecuali yang dikehendaki Allah. Dan sekiranya aku mengetahui yang ghaib, tentulah aku membuat kebajikan sebanyak-banyaknya dan aku tidak akan ditimpa kemudharatan. Aku tidak lain hanyalah pemberi peringatan, dan pembawa berita gembira bagi orang-orang yang beriman.” (QS. Al-A’raf : 188)

Begitu juga jin, yang oleh para tukang sihir dan dukun dimintai pertolongan, mereka juga tidak memiliki kemampuan untuk mengetahui hal-hal gaib. Alquran menceritakan bahwa jin-jin Nabi Sulaiman AS tidak mengetahui kematian beliau.

Halaman
123
Tags
Dukun
Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved