Balamut Lakon Bakal Pentas di Taman Budaya Kalsel

UPTD Taman Budaya Kalsel bakal menggelar acara Balamut Lakon April 2014 nanti, tepatnya Jumat (25/4) malam.

Balamut Lakon Bakal Pentas di Taman Budaya Kalsel
wikipedia.org
palamutan 

SERAMBIUMMAH.CO.ID - UPTD Taman Budaya Kalsel bakal menggelar acara Balamut Lakon April 2014 nanti, tepatnya Jumat (25/4) malam.

Berbeda dengan penampilan lamut umumnya yang hanya berupa penuturan pantun diiringi musik tabuhan terbang, kali ini bakal ditambah dengan visualisasi lakon oleh beberapa seniman.

Menurut Kepala UPTD Taman Budaya Kalsel, Sirajudin, konsep ini sengaja diatur demikian agar lebih menarik. “Biar beda,” katanya.
Balamut Lakon bakal menampilkan maestro Lamut Kalsel, Gusti Djamhar Akbar.
 

Direncanakan, cerita lamut yang bakal ditampilkan berjudul Bujang Maluala. Menurut Gusti Djamhar Akbar, cerita tersebut mengandung banyak unsur yang bisa mengaduk-aduk emosi penonton sehingga dijamin lebih seru.

Lamut adalah sebuah tradisi berkisah yang berisi cerita tentang pesan dan nilai-nilai keagamaan, sosial dan budaya Banjar. Lamut merupakan seni cerita bertutur, seperti wayang atau cianjuran. Bedanya, wayang atau cianjuran dimainkan dengan seperangkat gamelan dan kecapi, sedangkan lamut dibawakan dengan terbang, alat tabuh untuk seni hadrah.

Mereka yang baru melihat seni lamut selalu mengira kesenian ini mendapat pengaruh dari Timur Tengah. Pada masa Kerajaan Banjar dipimpin Sultan Suriansyah, lamut hidup bersama seni tutur Banjar yang lain, seperti Dundam, Madihin, Bakesah, dan Bapantun.

Lamut biasanya dimainkan  pada malam hari mulai pukul 22.00 sampai pukul 04.00 atau menjelang subuh tiba. Pembawa cerita dalam Lamut ini diberi julukan Palamutan. Pada acara, Palamutan dengan membawa terbang besar yang diletakkan dipangkuannya duduk bersandar di tawing halat (dinding tengah), dikelilingi oleh pendengarnya yang terdiri dari tua-muda laki-perempuan. Khusus untuk perempuan disediakan tempat di sebelah dinding tengah tadi.

Tags
balamut
Penulis: Yayu Fathilal
Editor: Edinayanti
Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved