Majelis Taklim Memiliki Peran Besar Membangun Umat

Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali menyampaikan pentingnya peran majelis taklim di lingkungan masyarakat Islam saat ini.

Majelis Taklim Memiliki Peran Besar Membangun Umat
Republika/Aditya P Putra
Menteri Agama RI, Surya Dharma Ali

SERAMBIUMMAH.COM, MEDAN - Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali menyampaikan pentingnya peran majelis taklim di lingkungan masyarakat Islam saat ini. Menurut dia, majelis taklim merupakan salah satu wadah lembaga pendidikan Islam yang sangat penting membangun semangat spiritual umat.

Di dalam majelis taklim, jelas dia, pemahaman agama Islam yang benar disampaikan. Dan beberapa amalan dan kegiatan spiritual dilaksanakan, seperti peringatan hari-hari besar Islam baik Maulid Nabi Muhammad SAW, Isra Miraj, Nuzulul Quran, kegiatan Ramadhan, termasuk halal bi halal di Idul Fitri dan Idul Adha hingga bila ada kerabat yg meninggal dunia.

"Dari majelis taklim inilah gelora suasana keislaman yang sebenarnya diciptakan," ujar Suryadharma akhir pekan lalu ketika melantik pengurus Asosiasi Majelis Taklim Indonesia (AMTI) Sumatera Utara. Karena itu Menag memandang betapa pentingnya majelis taklim berpengaruh di tatanan keluarga. Terlebih ketika beberapa anggota keluarga seperti Ibu dan Bapak yang aktif terlibat dalam majelis taklim.

Maka tidak menutup kemungkinan suasana spiritual keislaman yang kental itu juga akan tercipta di setiap keluarga mereka. Terutama, Menag menegaskan pada kaum Ibu yang menjadi penentu nasib anak dan generasi muda unggul di masa depan. "Tidak pedulinya kaum ibu terhadap nilai keislaman saat ini, maka akan tidak bagus bagi generasi muda Islam masa depan," katanya.(rol)

Editor: Sigit Rahmawan Abadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved