Breaking News:

100 Mobil untuk Bersihkan Masjid

Sebagian besar masjid di Jakarta kondisinya di bawah standar kebersihan.

BPost Group
Masjid Miftahul Salam di Desa Sungai Gampa Asahi 

SERAMBIUMMAH.COM,TANGERANG – Sebagian besar masjid di Jakarta kondisinya di bawah standar kebersihan. Ketua Yayasan Masjidku Bersih Winarso mengatakan, fakta ini ditemukan setelah ia membersihkan 35 masjid di wilayah DKI Jakarta melalui program Bersih-Bersih Masjid (BBM).

Menurut Winarso, BBM merupakan upaya membersihkan 1.000 masjid di seluruh nusantara yang digagas Yayasan Masjidku Bersih. Tak hanya di DKI Jakarta, bahkan ia menyebutkan sebanyak 99 persen masjid di Indonesia kotor.

Ada beberapa penyebab masjid kotor. "Tidak ada dana kebersihan adalah salah satunya," kata Winarso pada sela Orientasi dan  Pelatihan Manajemen Perawatan dan Pembersihan Masjid di Masjid Fathullah, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel), Minggu (23/3/2014).

Ini bukan berarti masjid tak mempunyai dana namun tak ada anggaran khusus untuk memelihara kebersihan masjid. Selain itu, pengurus dan marbot tidak mempunyai pengetahuan mengenai cara tepat membersihkan masjid.

Adanya ketidakpedulian untuk merawat masjid dan belum adanya budaya bersih juga menjadi penyebab masjid menjadi kotor.

Winarso juga mengatakan, belum ada kesiapan pengurus memelihara masjid. Pemeliharaan masjid perlu dipikirkan sejak masjid mulai dibangun.

Karena itu ia menegaskan, upaya membersihkan masjid secara profesional harus dilakukan. Kebersihan masjid harus dipikirkan secara  detail. Harapannya agar jamaah yakin dirinya sudah bersih dan khusyuk saat beribadah.

Winarso menganggap, masjid yang bersih tidak cukup hanya bebas debu. Kerak yang kerap menempel di tempat wudhu dan toilet juga harus hilang. Kriteria yang diusung adalah Berteman alias bersih, terawat, dan nyaman.

Ia mengatakan, pelatihan manajamen kebersihan bagi pengurus masjid menjadi hal penting. Pelatihan bertujuan menjadikan lingkungan masjid selalu dalam keadaan bersih, terawat, nyaman dan menciptakan budaya bersih.

Dalam pelatihan yang dihadiri 40 pengurus masjid di Tangerang Selatan  itu, peserta diberi tahu konsep membersihkan yang benar. Yakni, bersih tapi tidak merusak. Winarso menjelaskan, cara membersihkan keramik, karpet, marmer, dan kaca masjid berbeda-beda.

Halaman
123
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved